7 Manfaat Berpuasa Yang Tak Disadari banyak Orang

, , 1 comment

Ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu dari rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang sudah aqil dan baligh. Puasa di bulan Ramadhan dilakukan selama satu bulan berturut-turun tanpa jeda. Hal ini memang sudah sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya yang sudah dijelaskan di dalam Al-Qur’an dan Hadits.

Puasa di definisikan dengan menahan makan dan minum serta segala sesuatu yang membatalkan puasa dari adzan subuh hingga adzan maghrib. Banyak orang mengira bahwa syariat yang demikian ini tidak memiliki manfaat. Namun setelah dilakukan penelitian ternyata dibalik syariat puasa yang demikian ini memiliki segudang manfaat khususnya di bidang kesehatan.

Kali ini saya akan membahas tentang manfaat yang didapatkan saat kita melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

1. Meningkatkan Kemampuan Otak Manusia

Berpuasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak yang membantu tubuh memproduksi sel-sel otak lebih banyak dan akan menghasilkan meningkatnya fungsi otak. Ditambah lagi dengan berkurangnya hormon kortisol yang menurunkan tingkat stres seseorang tentu otak akan berfungsi lebih baik dari hari-hari biasanya.

2. Menjaga kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit mematikan yang ditakuti oleh banyak orang, namun ketika berpuasa tubuh Anda akan meningkatkan HDL dan menurunkan LDL yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang berpuasa mengalami pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang rendah tentu akan sangat baik bagi kinerja jantug, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terserang penyakit jantung ataupun stroke.

4. Mengurangi Kebiasaan Buruk

Berpuasa adalah salah satu sarana yang sangat tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk. Selama bulan puasa pun kita juga bisa mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok dan makan makanan manis.

5. Mengontrol berat badan.

Berpuasa juga bisa dikatakan diet sesuai syariat, selain mendapatkan banyak pahala dengan berpuasa kita dapat menurunkan berat badan. Tak perlu melakukan diet ketat yang disarankan oleh banyak orang, cukup dengan berpuasa dan makan secukupnya ketika berbuka maupun sahur maka Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

6. Menyehatkan Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang memiliki peran sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Ginjal berfungsi menyaring zat-zat berbahaya yang memasuki tubuh. Fungsi ginjal akan lebih maksimal jika osmosis urin dalam tubuh diantara 1000 sampai 12000 ml osmosis/kg air. Jadi saat berpuasa jumlah asupan air akan berkurang sehingga target mencapai target standart osmosis urin bisa tercapai dan pada akhirnya akan mendapatkan hasil yang baik bagi kesehatan ginjal.

7. Mencegah Diabetes

Penyebab utama diabetes adalah karena tingginya kadar gula dalam tubuh. Dengan berpuasa tentu dapat mengurangi konsumsi gula dan makanan yang berlemak sehingga akhirnya dapat mencegah tubuh Anda  terjangkit penyakit diabetes.

Nah itulah manfaat yang dapat Anda rasakan jika rutin berpuasa sebulan penuh dalam bulan Ramadhan. Dengan berpuasa Ramadhan selain Anda mendapatkan pahala yang melimpah ruah tubuh Anda juga mendapatkan segudang manfaat dari berpuasa.

1 komentar:

  1. bener banget min, kalo ngelakuin puasa selain dapet pahala dapet sehat juga...

    BalasHapus