Cara Jitu Merawat Power Bank Supaya Awet

, , 1 comment

Tentu para pembaca sekalian sudah tidak asing dengan power bank. Power bank atau yang bisa disebut juga pengisian daya portable ini sudah menjadi kebutuhan para pengguna smartphone, apalagi ketika dalam perjalanan sangat sulit menemukan tempat untuk mengisi dayauntuk smartphone maka power bank lah solusi paling tepat.

Karena power bank ini dipakai setiap hari tentunya akan mudah sekali rusak jika penggunanya tidak merawatnya dengan benar. Nah kali ini saya akan berbagi tips merawat power bank supaya tetap awet dan tentunya tidak cepat rusak. Berikut cara merawat power bank supaya peformanya tidak menurun.

1. Charge Power Bank Dengan Daya Listrik Yang Sesuai

Mencharge power bank dengan daya yang berlebih atau kurang tentu akan mengakibatkan hasil yang tak diinginkan. Bisa saja power bank akan kehilangan peformanya atau bahkan sampai meledak. Jadi jika tertulis daya terbaik untuk mencharge power bank adalah 5volt atau 2 ampere maka gunakanlah charger yang memiliki daya serupa sehingga power bank akan tetap bagus.

2. Jangan Menggunakan Smartphone Ketika Mengisi Daya.

Hal ini lah yang sering dilakukan para pengguna powerbank, saat mengisi daya smartphone menggunakan power bank dibarengi dengan memainkan aplikasi yang cukup berat misalnya bermain game. Hindarilah cara seperti ini karena akan membuat power bank berkerja lebih keras dan akan menyebabkan suhu berlebih tentu akan merusak baterai penyimpanan power bank.

3. Charge di Ruangan 25 Derajat Celcius.

Sama halnya dengan smartphone, suhu power bank juga mencapai 30 derajat celcius bahkan terkadang lebih. Jika suhu ruangannya melebihi panas power bank sudah dapat dipastikan umur power bank Anda akan pendek dan berujung pada kerusakan.

4. Isilah Daya Sesekali Bila Lama Tak Dipakai.

Lama tak dipakai juga menjadi salah satu penyebab rusaknya power bank. Karena lama diabaikan tentu peforma power bank akan menurun terutama pada daya penyimpanan baterai pada power bank. Maka jika kita tidak memakainya sangat disarankan untuk mencharge power bank sesekali untuk menjaga kapasitas penyimpanan dayanya tidak berkurang.

5. Jangan Sampai Terjatuh

Jangan biarkan power bank Anda terjatuh karena benturan pada saat power bank jatuh akan merudak internal dari power bank. Tentu akan sangat fatal jika power bank sering terjatuh yang berujung pada kerusakan pada power bank.

Itulah sedikit cara menjaga power bank supaya tidak menurun performanya. Mudah bukan? Selamat mencoba dan dapatkan hasilnya.

1 komentar: