Kriteria atau Syarat Hijab yang Sesuai dengan Syariat Islam

, , No Comments
Pesatnya perkembangan zaman, sudah pastinya menuntut kebutuhan manusia yang bermacam-macam mulai dari kebutuhan akan sandang, pangan, papan dan lain sebagainya. Salah satu hal yang berkaitan dengan kebutuhan manusia, diantaranya adalah bukan lagi membicarakan perlu tidaknya pakaian, namun sekarang lebih kepada cara berpakaian atau passion. Contoh yang paling konkret terutama bagi seorang muslimah adalah berhijab. Sekarang ini berhijab bukan lagi hanya perintah dalam syariat agama yang harus dilaksanakan bagi seorang muslimah, namun sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Apalagi bagi muslimah yang suka berpenampilan menarik, sudah barang tentu hijab merupakan bagian dari style dalam berpenampilan. Ditambah lagi, maraknya penggunaan hijab oleh para muslimah membuat dunia fashion semakin berwarna. Bagi para muslimah sebelum anda memutuskan untuk beli hijab, alangkah baiknya anda mengetahui tentang kriteria hijab yang Syar’i atau syarat hijab menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah sehingga terhindar dari hal yang dilarang Allah Swt.

Kriteria jilbab bukanlah disandarkan pada kepantasan atau mode yang lagi trend sekarang, melainkan harus merujuk pada petunjuk yang turunkan pada kita, yaitu Al-Quran dan As-Sunnah. Karena dalam Islam suatu pakaian disebut hijab jika memenuhi kriteria atau syarat yang telah ditentukan diantaranya:

1. Menutup seluruh badan selain yang dikecualikan
2. Berfungsi sebagai perhiasan
3. Kainnya harus tebal, tidak tipis
4. Harus longgar, tidak ketat, sehingga tidak menggambarkan sesuatu dari tubuhnya
5. Tidak diberikan parfum atau wangi-wangian
6. Tidak menyerupai laki-laki
7. Bukan libas syurah (pakaian popularitas)

Itulah beberapa kriteria atau syarat suatu pakaian itu dapat dikatakan hijab yang sesuai dengan Syari’at Islam. Dan itu semua dimaksudkan agar para muslimah terhindar dari apa yang dilarang Allah Swt. Sekarang ini banyak hijab yang fashionable yang ditawarkan di pasaran. Namun sebelum anda memutuskan untuk beli hijab, hal yang harus dipertimbangkan yaitu apakah itu sudah sesuai dengan syariat atau belum. Sekarang anda bisa beli hijab tanpa merasa khawatir melanggar Syari’at. 

Bagi para muslimah saya silakan untuk mengunjungi hijup.com sebagai referensi bagi anda yang ingin beli hijab sesuai dengan yang disyaratkan oleh Syari’at. Disana anda bisa temukan berbagai macam model hijab trend masa kini, sehingga bisa menambah penampilan anda menjadi lebih menarik. Selain itu tersedia juga aksesoris lainnya yang menunjang dalam penampilan anda, apalagi sekarang bulan Ramadhan dan tidak lama lagi mau menjelang lebaran. 

0 komentar:

Posting Komentar