Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Naik Gunung

, , No Comments

Mendaki gunung merupakan satalah satu aktifitas yang membutuhkan kondisi fisik yang baik. Kegiatan ini banyak digemari anak-anak muda. Kelompok pecinta alam sangat mudah ditemui. Hamper di setiap sekolah menengah dan universitas pasti ada unit kegiatan pecinta alam.
Untuk bisa menaklukkan gunung dengan baik maka diperlukan persiapan yang baik. Persiapan fisik sudah tentu menjadi hal yang utama. Selain itu mempersiapkan mental juga tidak kalah penting, memahami medan yang akan ditempuh membuat hati lebih tenang. Yang tidak boleh ketinggalan tentu saja persiapan perlengkapan yang akan dibawa . Pengetahuan tentang perlengkapan sangat dibtutuhkan pendaki pemula. Agar barang yang dibawa benar-benar sesuai yang dibtuuhkan.

Jangan pernah mendaki gunung sendirian, lakukan pendakianberkelompok minimal tiga orang. Karena kegiatan mendaki dilakukan berkelompok, maka perlengkapan yang dibawa terbagi dalam dua kelompok, yaitu perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok.
Adapun perlengkapan pribadi antara lain:
 
1. Tas carrier
Fungsi tas ini adalah untuk membawa barang-barang kebutuhan untuk mendaki. tas ini memang didesign untuk pendaki. Tas dengan kapasitas 45 liter, 65 liter, 85 liter bahan ada yang 115 liter

2. Tas selempang
Selain tas carrier maka tas selempang atau pun tas pinggang kecil diperlukan untuk menyimpan barang-barag yang kecil misal, korek, obat-obatan, ponsel dan kamera. Tas selmpang ini uga bisa enggantikan fungsi tas carrie untuk membawa logistic saat naik ke puncak.pilihlah tas selempang yang bagus jahitannya.
 
3. Sepatu gunung
Sepatu gunung wajib dipakai saat pendaki naik gunung. Karena sepatu ini bisa menghindari dari cidera kaki. Bentuknya yang tertutup dengan baik akan melindungikaki dari kerasnya alam liar.

4. Sandal gunung
Walaupun ada dalam daftar bawaan tetapi sebaiknya sandal gunung tidak dipakai saat pedakian. Karena modelnya yang terbuka maka dikhawatirkan akan memudahkan kaki cidera. Sandal gunung dipakai saat pendirian tenda, aktifitas di sekitar tenda dan saat menunaikan “panggilan alam”.

5. Jas hujan
Tentu funsinya adalah sebagai pelindung saat hujan. Selain itu jenis ponco yang lebar bisa dimanftkan sebagai alas tenda.

6. Pakaian ganti
Pilihlah pakian yang mudah menyerap keringat tetapi juga yang mudah kering. Pakaian yang dibawa sesuaikan dengan jumlah hari pergi.
 
7. Logistik
Pastikan ketika hendak mendaki bawalah logistik yang berlebih. walaupun memang terasa lebih berat namun dalam pendakian tentu membutuhkan banyak sekali energi agar bisa terus berjalan hingga mencapai puncak. perkirakan Anda akan mendaki selama berapa hari, lalu perkirakanlah logistikyang dibutuhkan. jangan lupa juga untuk membawa piring plastik untuk tempat Anda makan.

9. Sleeping bag dan matras
Dalam pendakian dua hal ini sangatlah dibutuhkan, terlebih lagi jika sedang beristirahat di tengah hutan. Dikelilingi udara dan angin yang menusuk tulang tentu Anda harus menyiapkan sleeping bag dan matras agar suhu tubuh tetap hangat walau dengan cuaca yang amat dingin.
 
13. Obat-obatan
Bagi Anda yang memiliki penyakit pastikan Anda membawa obat untuk mengatasi penyakit Anda ketika kambuh di tengah perjalanan. tapi tak hanya itu sebenarnya setiap pendaki harus menyiapkan perlengkapan P3K. Karena dalam pendakian yang menempuh perjalanan panjang dan trek yang tak terduga banyak sekali bahaya yang menanti Anda.

Adapun perlengkaan yang perlu dibawa untuk kepentingan kelompok adalah

1. Tenda
Bawalah tenda yang sesuai dengan jumlah peserta serta pastikan pula tenda yang dibawa memenuhi standart supaya ketika Anda beristrirahat di dalam tenda merasa aman dan nyaman
 
2. Peralatan memasak
hal ini memang sangatlah penting ketika kita dalam sebuah ekspedisi. setidaknya bawalah wajan dan panci untuk memasak di tengah perjalanan. percuma saja jika Anda sudah membawa banyak logistik semacam beras jika tidak ada alat yang bisa digunakan untuk memasak.
 
3. Kantong sampah
Jangan sekali-sekali meninggalkan sampah ketika melakukan ekspedisi. Sayangilah alam supaya bisa terus dinikmati oleh anak dan cucu Kita kelak.

4. Peralatan navigasi
Peralatan ini membantu untuk menunjukkan arah ketika dalam pendakian. beberapa peralatan navigasi yang wajib dibawa adalah kompas, peta jalur pendakian dan altimeter. serta pastikan pula dalam satu Tim Anda ada satu atau dua orang yang faham tentang navigasi supaya tidak tersesat ketika mendaki.

Persiapkan semua dengan baik, agar pendakian menjadi sebuah kegiatan yang aman dan menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar