Cara Membayar Listrik Dengan Mudah

, , No Comments
Membayar Tagihan Listrik Dengan Mudah
Pembayaran listrik pada sebuah rumah tangga maupun indsutri memang tergantung dari pemakaian barang elektronik yang ada di dalamnya. Untuk rumah tangga, setiap rumah pasti memiliki televisi dan lampu yang menjadi penyerap energi terbanyak. Selain itu penggunaannya juga bisa bertambah jika di dalamnya terdapat lemari es, kipas angin atau air conditioner, mesin cuci, oven, gawai dan masih banyak benda elektronik lain yang tentunya membutuhkan suplai listrik agar bisa menyala. Semakin  banyak benda elektronik yang dimiliki dalam suatu rumah, maka akan semakin besar pula konsumsi listriknya yang akhirnya akan berimbas pada besarnya biaya listrik yang harus dibayar. 

Daripada menggunakan cara curang seperti mengakali meteran listrik guna memangkas pembayaran listrik bulanan, ada baiknya setiap pemilik rumah memiliki cara penghematannya sendiri. Mengutak-atik meteran listik hanya akan membawa masalah hukum yang pastinya tidak diinginkan. Meteran merupakan alat yang krusial. Bahkan jika alat tersebut rusak tanpa ada unsur kesengajaan dari pemilik rumah, namun kerusakan tersebut tidak segera dilaporkan maka pemilik rumah pun tetap akan dikenai sanksi. Apalagi jika kerusakan tersebut sudah terjadi cukup lama dan tidak dilaporkan. Hal ini dianggap sebagai kelalaian yang menyebabkan kerugian. Sehingga pemilik rumah harus bertanggungjawab, mulai dari membayar denda hingga masuk penjara.

Maka dari itu, untuk menghemat pengeluaran guna pembayaran listrik, setiap pemilik rumah bisa menerapkan cara sederhana. Anda dapat melakukan pengecekan tagihan listrik secara berkala. Anda tidak perlu repot mengecek dengan cara konvensional. Sekarang ini semuanya bisa dengan mudah dilakukan lewat cara online. Hanya dengan mengunakan gawai, Anda sudah dapat melakukan pengecekan ini. Tujuan dari pengecekan adalah agar Anda bisa mengontrol pemakaian listrik jika dirasa angka tagihan sudah merangkak naik mendekati batas maksimum anggaran Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem prabayar untuk mengontrol tagihan listrik Anda. Sistem pulsa semacam ini juga bisa membuat Anda lebih perhatian dengan apa saja yang Anda gunakan selama memakai listrik. Sebab aliran listrik bisa otomatis terputus ketika pulsa sudah habis. Maka Anda bisa melakukan perhitungan benda apa saja yang bisa Anda kurangi pemakaiannya agar pulsa sebulan tetap bisa digunakan tanpa kehabisan. Selain itu, sistem prabayar lebih hemat karena bebas dari biaya abodemen yang kerap dikenakan pada sistem meteran yang besarnya bisa mencapai Rp. 100.000.

Cara menghemat pembayaran listrik lainnya adalah dengan memperhatikan watt setiap kali akan membeli perangkat elektronik. Sebab hal ini bisa membawa pengaruh yang jelas akan tagihan listrik Anda. Pilihlah benda elektronik yang memasang label inverter atau low watt. Walaupun biasanya harganya lebih mahal tetapi dapat mengurangi beban tagihan Anda setiap bulannya. Teliti sebelum membeli agar Anda tidak perlu repot lagi dengan memikirkan biaya listrik. 

Kemudian, cara terbaik dalam memangkas pembayaran listrik adalah dengan mengubah cara Anda dan anggota keluarga dalam memakai perangkat elekronik. Kebiasaan tidak mencabut kabel dari stop kontak adalah kebiasaan buruk yang bisa membuat tagihan listrik merangkak. Walaupun perangkat elektronik tersebut sudah dimatikan, namun mereka masih memakan daya listrik meski kecil. Tetapi Anda tentu ingat dengan ungkapan, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, bukan? Jika Anda menggunakan mesin pendingin ruangan di rumah, pastikan untuk menggunakan full timer sehingga Anda tidak perlu mematikannya. Untuk urusan lampu, Anda juga bisa mengganti lampu biasa Anda dengan lampu LED yang jauh lebih hemat energi.

0 komentar:

Posting Komentar