Cara Mudah Mengatur Waktu untuk Kuliah Bagi Karyawan

, , No Comments
Mahasiswa part timer

Kuliah kelas karyawan sekarang ini sudah banyak dibuka. Hal ini memotivasi orang-orang kurang mampu untuk tetap melanjutkan pendidikannya ke tingkat universitas. Dengan adanya kesempatan ini banyak orang yang merangkap kuliah sambil bekerja. Jika melakukannya, Anda harus bisa membagi pikiran dan waktu untuk fokus bekerja dan kuliah. Jika masih bingung bagaimana cara mengatur waktu untuk kuliah bagi karyawan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini!

Berbicara dengan dosen atau pihak universitas

Agar Anda kegiatan kuliah tidak terbengkalai, Anda harus membicarakan kepada dosen pembimbing antara waktu kuliah dengan waktu bekerja. Jika tidak memungkinkan waktunya untuk mengikuti kuliah mintalah saran apakah bisa dilakukan secara online. Bila tidak, mintalah jadwal kuliah yang lebih fleksibel. Saat ini sudah banyak universitas yang menawarkan kuliah kelas karyawan. Anda pun perlu membahas waktu kuliah dengan atasan di kantor.

Skala prioritas

Perlu Anda ketahui bahwa orang sukses bisa memahami segala aktivitasnya. Bagaimana cara memanfaatkan waktu yang benar dan realistis terhadap situasi yang ada. Pelajari atau cari tahu teknik melakukan pekerjaan ganda saat sibuk. Prioritaskan waktu Anda saat ini untuk menyelesaikan tugas di kantor dan kampus. Pilah-pilah mana yang harus dikerjakan dulu dan lebih penting. Jika Anda sudah bisa mengatur prioritas antara kuliah dan kerja maka, bisa mendapatkan kesuksesan pada keduanya.

Fokus

Ingat, Anda sedang menjadi mahasiswa dan karyawan. Dimana tidak hanya memikirkan tentang tugas kuliah atau tugas kantor saja, tapi tugas keduanya. Itu mungkin sudah berat untuk Anda. Janganlah melakukan kesalahan dan mencampuradukkannya. Kalau di tempat kerja, bahas dan kerjakan tugas kantor. Begitu pula saat di kampus kuliah kelas karyawan, kerjakan dan fokus pada tugas kuliah.

Tidur yang cukup

Terkadang ada begitu banyak tugas yang harus dikerjakan dan kopi bukanlah jalan keluar untuk menemani Anda mengerjakan tugas-tugas kantor atau kuliah. Walaupun banyak tugas, tetaplah berusaha untuk tidur secara teratur, pastikan tidur tepat waktu. Sebab, bila Anda kurang tidur bisa menyebabkan banyak gangguan baik fisik dan mental. Diantaranya seperti meningkatkan stres, kepala pusing dan masih banyak lagi.

Jangan memikirkan kegiatan yang tidak perlu

Sebaiknya tidak usah memikirkan kegiatan yang tidak perlu seperti ngegame atau jalan-jalan. Pertahankanlah komitmen Anda untuk kuliah sambil kerja. Jangan keluar dari jalur itu. Usahakan untuk tidak tergoda dengan teman-teman Anda. Pikirkan saja tentang kuliah dan kerja yang Anda lakukan secara berdampingan ini.

Bersantai

Selain bekerja dan kuliah, ingat tubuh Anda juga memerlukan waktu bersantai. Santai bisa sebagai refresing atau penyegaran pikiran agar tidak terlalu stres. Anda bisa refreshing di hari minggu dengan ke laut atau melihat hehijauan. 

Itulah cara mengatur waktu kuliah kelas karyawan yang tepat. 

0 komentar:

Posting Komentar