Ingin Berlibur ke Blitar? Simak Dulu Daftar Lokasi Wisata Favorit Berikut

, , No Comments
Blitar, selama ini lebih terkenal sebagai tempat lahirnya proklamator Republik Indonesia yaitu Bung Karno. Tidak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke Blitar hanya untuk mengunjungi Museum Bung Karno, padahal banyak destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik.

Berikut daftar lokasi wisata favorit lainnya di Blitar yang bisa Anda kunjungi saat liburan:

1. Kampung Coklat

Kampung Coklat - ksmtour.com
Seperti namanya, Kampung Coklat menghadirkan pengalaman berlibur yang penuh dengan nuansa dan rasa cokelat. Destinasi wisata di Kota Blitar yang tergolong cukup baru ini, beralamatkan di Jalan Banteng—Blorok No.18, Desa Plosorejo.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati sepoi angin di bawah rindangnya pohon kakao yang berjajar rapi hampir di seluruh area kebun. Di bagian depan, Anda akan disamput sebuah toko mungil yang didalamnya tersedia aneka macam cokelat. Ada cokelat berbentuk biji kopi yang berwarna-warni, ada juga cokelat batang, serta cokelat yang berbentuk balok dan bundar. 

Selain menyediakan cokelat aneka rasa dan warna, toko tersebut juga menyediakan aneka macam suvenir khas Kampung Coklat, seperti jam meja, gantungan kunci, dan stiker Kampung Coklat.

Saat menginjakkan kaki lebih jauh ke dalam, Anda akan disuguhi banyak spot untuk bersantai serta aneka macam kuliner unik berbahan olahan Theobroma cacao tersebut. Salah satu menu favorit yang banyak digemari para wisatawan adalah mi cokelat. Mi tersebut berwarna cokelat dengan cita rasa yang unik serta sulit ditemukan di tempat lain.

2. Sumber Udel

Sumber Udel - tempatwisataunik.com
Blitar juga memiliki wahana wisata air yang legendaris yaitu Sumber Udel. Wahana permainan air ini memang tidak sefantastis waterpark yang ada di kota-kota besar, tetapi cukup nyaman untuk berlibur dan melepas penat bersama keluarga atau sahabat. Lokasi Sumber Udel juga cukup dekat dengan stasiun kereta api dan pusat kota Blitar.

3. Alun-Alun Blitar

Alun-Alun Blitar - blitartourism.com
Alun-Alun Blitar merupakan salah satu lokasi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang luas dan rindang membuat para pengunjung betah berlama-lama di kawasan ini. Apalagi di sekitarnya terdapat beberapa penjual makanan dan minuman khas Blitar yang sangat menggoda selera. Salah satu minuman khas yang wajib Anda coba jika berkunjung ke sini yaitu “es plered” dan “es drop”.

Di Alun-Alun Kota Blitar juga terdapat jogging track dan beberapa fasilitas kebugaran outdoor. Jadi, jika Anda berkunjung ke kawasan tersebut pada Minggu pagi, Anda dapat merasakan keramaian warga Blitar berolahraga. Adapun alun-alun ini juga cukup dekat dengan stasiun kereta api, hanya berkisar 400 meter saja.

4. Istana Gebang

Istana Gebang - eastjava.com
Istana Gebang merupakan lokasi bersejarah lainnya selain Museum Bung Karno yang sudah melegenda. Istana Gebang sebenarnya merupakan rumah kakak Bung Karno, di dalamnya tersimpan banyak benda bersejarah peninggalan sang proklamator RI.  Anda dapat melihat aneka macam perabotan yang pernah digunakan oleh Bung Karno semasa kecil.

Untuk mengunjungi Istana Gebang, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Anda cukup mengisi buku tamu sebagai data pengunjung. Untuk menjangkau tempat ini juga cukup mudah, karena lokasinya yang relatif dekat dari stasiun kereta api, tepatnya hanya berjarak 2 km saja.

Dengan membeli satu tiket kereta api, Anda sudah dapat menjelajah beberapa destinasi wisata di Kota Blitar yang lokasinya saling berdekatan. Agar lebih praktis, Anda dapat pesan tiket kereta api di link https://www.traveloka.com/kereta-api.

5. Kebon Rojo

Kebon Rojo - pockrockadventure.file.wordpress.com
Kebon Rojo berada tidak jauh dari Istana Gebang, berkisar 350 meter saja. Kebun kota ini menawarkan suasana yang sejuk serta play ground untuk anak-anak. Di Kebon Rojo juga terdapat beberapa koleksi hewan. Selain itu, juga terdapat banyak spot yang bisa digunakan sebagai tempat bercengkerama bersama keluarga atau sahabat.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan singkat di Kota Blitar, beberapa destinasi wisata di atas sangatlah cocok dan tidak membutuhkan banyak waktu. Namun, apabila Anda ingin menjelajahi tempat-tempat wisata yang lebih eksotis dan tentunya jauh dari pusat kota, siapkan waktu dan tenaga. Jika sehari terasa kurang, Anda dapat mengubah jadwal kepulangan, dan menginap beberapa hari lebih lama di hotel yang Anda pesan di Traveloka.

1. Candi Penataran

Candi Penataran - 3.bp.blogspot.com
Di lereng barat daya Gunung Kelud, terdapat kompleks candi yang terluas sekaligus termegah di Jawa Timur. Ya, itulah Candi Penataran. Candi yang dibangun dengan arsitektur bergaya Hindu ini pun menjadi destinasi wisata legendaris. Di sini, Anda dapat mempelajari jejak-jejak masa lalu Kota Blitar, dikelilingi panorama alam yang memukau.

2. Rambut Monte Blitar

Rambut Monte - ksmtour.com
Di Blitar juga terdapat candi cantik bernama Rambut Monte. Candi ini memiliki telaga yang jernih dan berwarna hijau tosca. Menurut kepercayaan warga sekitar, telaga ini dihuni oleh ikan dewa. Suasana yang sejuk oleh rindangnya pepohonan ditambah pemandangan telaga yang memukau, benar-benar dapat membuat mata dan pikiran menjadi segar. Tertarik untuk mengunjunginya? 

Yuk, siapkan itinerary dan akomodasi agar liburan Anda di Kota Blitar berjalan lancar dan menyenangkan! Selamat berlibur!

0 komentar:

Posting Komentar