Perbedaan Layanan Transfer LLG dan RTGS, Apa Saja?

, , No Comments
Perbedaan layanan transfer LLG dan RTGS
Persiapkan dalam memulai bisnis online merupakan hal yang paling penting . Salah satu yang paling penting, bila Anda ingin memulai bisnis online lebih baik terlebih dahulu Anda mengetahui mengenai api itu Lalu Lintas Giro (LLG) dan Real Time Gross Settlement (RTGS). Mengapa penting? Karena dalam dunia bisnis online kebanyaknya pembayaran akan dilakukan secara transfer yang pastinya berhubungan dengan LLG dan RTGS tersebut.  Sebelum Anda mengenal kedua hal tersebut, Anda juga wajib mengetahui apa itu kliring. Kliring ini merupakan masalah yang seringkali dihadapi oleh dua orang yang berbeda bank melakukan transfer, dimana terfapat jeda yang lumayan lama ntaara uang yang dikirim sampai ke rekening penerima. 

Hal tersebut sering terjadi saat penjual bisnis online mengecek rekeningnya namun tidak ada uang pembayaran yang dinyatakan oleh pembeli sudah dikirim ke rekening si penjual. Maka dari itu mengerti LLG, Kliring dan RTGS adalah hal yang penting. LLG sendiri merupakan sebuah proses transfer alias pengiriman uang antara bank satu dengan bank lainnya melalui proses kliring. Misalkan Anda mengirimkan sejumlah uang menggunakan rekening bank A kepada teman Anda yang menggunakan bank B. Nah, proses tahap pengecekan yang dilakukan oleh bank A dalam melihat adanya dana untuk mengirim ke bank B merupakan proses kliring. Biasanya dalam proses kliring ini Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

Sementara itu Real Time Gress Settlement (RTGS) ini biasanya akan digunakan oleh orang yang mau melakukan pengiriman dana dengan jumlah yang banyak atau besar namun ia memerlukan waktu yang lebih cepat bila dibandingkan dengan proses kliring. Pengertian dari RTGS sendiri tidak jauh bed dengan kliring namun perbedaaanya adalah pada waktu yang digunakan. Bila dalam proses kliring ini  bisa menghabiskan waktu sampai 3 hari kerja, sedangkn untuk RTGS ini bisa memakan waktu lebih singkat bila dibandingkan dengan kliring, yakni bisa pada hari itu juga diterima oleh rekening si penerima. 

Biasanya pores RTGS hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja. Namun dalam RTGS ini Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. Slah satunya bila Anda mentransfer dana diataas pukul 3 sore maka uang yang Anda kirimkan tersebut baru akan diterima si penerima pada hari selanjutnya karena setelah pukul 3 sore jam kerja bank sudah berakhir. Catatan lain yang perlu Anda perhatikan adalah saat Anda melakukan transfer pada masa akhir bulan sekitar tanggal 30 ataupun tanggal 31. Bila Anda mentransfer dana pada tanggal tersebut, uang Anda akan sampai pada si penerima terlambat sampai 1 hari kerja karena pada tenggal tersebut bank sedang mengalami proses tutup buku.

Dalam kegiatan mentransfer uang, Anda akan dihadaptkan dalam mekanisme LLG dan RTGS. Setelah Anda mengetahui perbedaanya, Anda juga harus mengetahui kelemahan dan kelebihannya. LLG memerlukan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan RTGS sedangkan waktu pengirimannya LLG lebih lama dibandingkan RTGS. Selain itu, untuk transaksi bisnis akan lebig mudah dilakukan dengan RTGS. Jadi itulah tadi perbedaan LLG dan RTGS yang perlu Anda ketahui sebelum Anda membuka bisnis online. Persiapan lainnya sebelum Anda memulai bisnis online yang perlu Anda lakukan adalah persiapan modal. Hal ttersebut penting karena tanpa modal bisnis online Anda tidak akan berjalan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ada modalkita.com yang bisa membantu Anda  mengenai informasi dalam menyiapkan modal untuk membuka bisnis online.

0 komentar:

Posting Komentar