Pengaruh Hangatnya Pelukan Ibu terhadap Tahap Perkembangan Bayi

, , No Comments
Pengaruh pelukan ibu terhadap perkembangan bayi
Mengikuti setiap tahap perkembangan bayi adalah sebuah anugerah yang tak terhingga nilainya. Semua ibu di dunia ini tentu ingin mendampingi anak mereka tumbuh dan berkembang dengan sehat dan normal. Hal ini karena ibu memang memiliki peran yang penting dalam proses perkembangan seorang anak. 

Kasih sayang seorang ibu sangat berpengaruh pada proses perkembangan anak. Tak hanya bergantung pada asupan nutrisi yang cukup, perkembangan anak juga dipengaruhi oleh sentuhan tangan dan kasih sayang yang tulus dari seorang ibu. Tak heran jika anak-anak yang mendapat kasih sayang langsung dari sang ibu tumbuh dan berkembang lebih baik.

Salah satu hal yang bisa ibu berikan untuk menunjukkan kasih sayangnya kepada anak adalah sebuah pelukan. Pelukan hangat dari seorang ibu merupakan sebuah wujud kasih sayang yang akan membuat bayi merasa nyaman. Lebih dari itu, sebuah pelukan ternyata mampu mempengaruh proses perkembangan bayi.

Makna sebuah Pelukan pada Tahap Perkembangan Bayi

Berpelukan menjadi salah satu cara bagi ibu untuk membentuk ikatan yang kuat dengan sang bayi. Berikut akan dibahas makna sebuah pelukan dan bagaimana hubungannya terhadap perkembangan bayi.

1. Meredam kegelisahan

Rasa gelisah kerap menghampiri bayi dan membuat bayi akan menangis atau rewel. Tak perlu bingung mencari cara untuk menenangkan bayi, anda cukup mendekapnya di dalam pelukan. Memeluk bayi akan memberikan kehangatan dan ketenangan sehingga dapat meredam rasa gelisah yang dirasakan bayi.

2. Perawatan khusus bayi prematur

Bayi yang lahir prematur atau lahir sebelum waktunya, memiliki kondisi fisik yang lemah. Bayi prematur membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dari bayi-bayi yang lahir dalam keadaan normal. Salah satu metode perawatan yang bisa diberikan kepada bayi prematur adalah kangaroo care.

Kangaroo care terinspirasi dari bagaimana cara kanguru menjaga anak mereka di dalam kantung. Caranya mudah, ibu tinggal memeluk bayi dan usahakan langsung terjadi kontak kulit antara ibu dan bayi. Metode ini terbukti mampu membuat perkembangan bayi prematur berjalan lancar.

3. Meningkatkan kecerdasan

Ternyata, memeluk bayi juga membantu meningkatkan kecerdasan otak bayi. Memeluk bayi akan membantu meredam kegelisahan sehingga bayi tidak akan mudah menangis atau mengalami kolik. Dengan begitu maka bayi memiliki waktu yang cukup untuk mengenal lingkungannya.

Ibu bisa membimbing dan memberikan bantuan sehingga bayi bisa banyak mengenal apa yang ada di sekitarnya. Sambil memeluk bayi, proses ini akan terjadi dengan cara yang menenangkan dan membuat bayi menjadi sangat nyaman.

4. Menumbuhkan rasa percaya

Memeluk bayi merupakan sebuah tanda kasih sayang yang tulus dari seorang ibu. Tindakan ini juga membantu mempengaruhi perasaan hingga kondisi psikologi bayi. Salah satunya adalah munculnya rasa percaya, baik percaya kepada sang ibu maupun percaya pada diri sendiri.

5. Memupuk rasa kasih sayang

Sedini mungkin, orang tua perlu mengajarkan pentingnya mengasihi satu sama lain. Orang tua perlu mengajarkan kepada anak bahwa menyayangi merupakan sebuah perbuatan yang baik dan indah. Lewat sebuah pelukan, anak akan mengerti bahwa ia selalu diberikan kasih sayang sehingga terbentuklah kepribadiannya yang penuh dengan rasa kasih sayang.

Memeluk bayi bukanlah sebuah hal yang sepele untuk dilakukan. Banyak sekali makna dan manfaat yang didapat dari sebuah pelukan hangat. Bahkan pelukan juga ikut membantu dalam tahap perkembangan bayi. Jadi ibu, jangan ragu-ragu untuk selalu memeluk bayi anda sesering mungkin. 

0 comments:

Post a Comment