5 Resep Makanan Ringan Yang Bisa Jadi Bisnis Kecil-Kecilan Mahasiswa

, , No Comments
Kata siapa adi mahasiswa hanya berurusan dengan buku, makalah dan kegiatan belajarainnya. Nyatanya banyak teman-teman mahasiswa yang berinisiatif untuk memulai bisnis kecil-kecilan untuk menambah uang jajan ataupun untuk membiayai kuliahnya sendiri loh. Mulai dari bisnis jasa editing foto, jual pakaian bahkan sampai jual makan-makanan ringan.

Diantara banyak mahasiswa ini ada juga yang mencoba memulai bisnis kuliner, mengawali dengan mencoba resep makanan ringan dengan bahan-bahan yang mudah dicari dan harga yang terjangkau. Dan kamu bisa mencobanya mulai hari ini juga. Apa saja resepnya? Coba yuk.

1. Sate donut

Sate donat Enak
biasanya di pasar-pasar tradisional sate donat kan cuma diberi topping gula halus putih. Tapi kamu bisa mencobanya dengan memberi variasi topping yang lebih kekinian dan menarik untuk dipandang dan dimakan. Itu bisa menarik kawula anak muda untuk membelinya. Siapkan saja. 

Bahan-bahannya adalah: 250g tepung terigu, ½ sdm ragi siap digunakan, 50g gula pasir,1 sdt garam, 100ml air es, 25g susu bubuk, 1 butir telur, 325g mentega, 15 tusuk sate. Dan untuk bahan toppingnya adalah: 1 sachet susu kental manis cokelat, 1 sachet kental manis vanilla, ¼ kg kacang goreng yang sudah dipotong kecil-kecil dan ¼ kg meses cokelat. 

Cara untuk membuatnya : Cukup campurkan tepung terigu, ragi instan, gula, dan susu bubuk dalam satu wadah. Kemudian aduk hingga merata. Gunakan tangan yang sudah bersih. Lalu tambahkan telur dan air es secara perlahan sambil mengaduk adonan, kemudian masukkan margarin dan garam. Jika sudah diaduk, maka diamkan adonan selama 20 menit. Tunggu hingga mengembang. Kemudian bentuk bulat-bulat adonan seperti bakso, lalu goreng hingga berwarna keemasan. Setelah itu, celupkan kedalam kental manis cokelat dan beri kental manis vanila. Supaya lebih menarik kamu bisa menambahkan aneka topping yang sudah kamu siapkan.

2. Macaroons

Macaroons warna warni
Macaroons warna-warni sampai saat ini masih menyita banyak perhatian kalangan muda mudi. Warnanya yang cerah dan ukurannya yang tidak terlalu besar memang enak untuk dijadikan camilan di kelas, di tempat kerja ataupun di kos. Mungkin dibeberapa toko roti harga bahan macaroons masih cukup mahal, tapi kamu bisa mengakali beberapa bahan agar harganya tetap bisa dijangkau oleh anak kuliahan. 

Bahan yang diperlukan: 3 putih telur, 120g tepung terigu sebagai pengganti almond meal, 200g gula bubuk sebagai pengganti gula icing dengan tekstur gula super lembut, 2sdm gula kastor, Pewarna makanan, pilih warna cerah untuk menarik para pembeli. Bahan untuk ganache (isian macaroons): 100g cokelat putih yang sudah dipotong-potong, 2sdm krim kental dan ½ sdt vanila bubuk.

Cara membuat ganache: Panaskan cokelat putih hingga leleh dan tambahkan krim kental dengan api kecil. Aduk hingga tercampur. Lalu tunggu hingga dingin, sambil membuat macaroons

Cara membuat macaroons: Kocok putih telur dengan mixer, jika sudah terlihat lembut tambahkan gula kastor dan kocok terus hingga adonan berwarna putih. Kemudian tambahkan gula icing dan tepung terigu dengan spatula, lalu bagi adonan kedalam tiga wadah. Setelah itu Berilah pewarna ke dalam 3 wadah, hijau,kuning,dan biru. Jika sudah, masukkan kedalam plastik dan semprotkan diatas loyang berbentuk lingkaran. Pangang dalam oven dengan suhu 150derajat celsius selama 20menit saja. Jika sudah matang dan dingin, oleskan ganache. Kemudian tutup dengan macaroons. Macaroons sudah siap, kalau kamu ingin memberi topping kental manis juga bisa atau meses.

3. Molen pisang

Molen pisang gurih
Molen memang menjadi jajanan murah meriah yang disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa dari dulu sampai sekarang. Rasanya yang manis, gurih dengan isian pisang yang enak dan empuk membuat siapapun ingin terus memakannya. Ini juga bis ajadi bisnis kuliner yang bisa kamu coba loh.

Bahan yang diperlukan :250g tepung terigu, 50g baking powder, 50g margarin, 1sdm air es, 50g gula, 1 butir telur ayam dan Minyak goreng. 

Cara membuatnya: Saring dengan saringan berlubang kecil, terigu, gula halus, dan baking powder. Lalu kocok telur dan margarin hingga berwarna putih dan mengembang, kemudian campurkan menjadi satu. Uleni adonan selama 10menit menggunakan tangan yang bersih dan cetak menggunakan gilingan adonan. Ulangi kulit molen hingga 3 kali agar benar-benar tipis. Sebagai isian molen kamu bisa menggunakan pisang, keju atau cokelat sesuai dengan keinginanmu. Gulung dengan kulit molen. Lalu goreng molen hingga kuning keemasan. Bisa juga diberi kental manis cokelat dan partuan keju diatasnya agar lebih nikmat.

4. Oreo goreng

Oreo goreng tepung
Oreo goreng, kamu yang sudah pernah mencobanya? Wah ternyata kamu termasuk golongan yang belum. Cara membuatnya gampang sekali loh, mau coba? 

Bahan yang diperlukan: Oreo original, 100g tepung terigu, 15g margarin, ¼ g gula pasir, 1 butir telur dan 700ml susu cair.

Cara membuatnya: Campur tepung, baking powder, dan gula hingga merata. Kemudian tambahkan telur, susu cair, margarin. Lalu masukan oreo dengan adonan. Lalu goreng dengan api yang sedang hingga bewarna kecokelatan. Untuk toppingnya kamu bisa menambahkan gula pasir, atau siraman kental manis putih. Bisa juga meses warna-warni.

5. Martabak mini

Martabak Mini Manis
Martabak mini bisa jadi favorit para anak muda. Kalau yang ukurannya besar biasanya dimakan untuk 2-3 orang. Tapi kalau yang ini cukup buat kamu saja.
Bahan yang diperlukan: 50g mentega yang sudah dicairkan, 250g tepung terigu, 50g gula pasir, ¼ sdt baking poder, ¼ sdt garam, 200ml susu cair dan 15g ragi instan

Cara membuatnya: Masukkan tepung terigu, gula, baking powder, garam, dan mentega sambil diaduk menggunkan mixer agar bisa halus lebih cepat. Kemudian masukan juga ragi, lalu diamkan selama 30menit. Panaskan cetakan berbentuk lingkaran,bintang, atau kotak sambil oleskan mentega. Kemudian masukan adonan. Jika sudah bewarna kuning dan keluar lubang kecil-kecil angkat dan dinginkan. Sesudahnya didinginkan, berilah topping sesuai selera.Dan martabak minimu sudah siap dihidangkan.

Mudha bukan untuk memulai bisnis kuliner kecil-kecilan meskipun masih di bangku kuliah. Yang terpenting punya niat dan usaha yang keras maka Tuhanpun akan memberikan jalannya. Karena hasil tidak akan menghianati usaha yang sudah dilakukan.selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment