Belanja Mudah melalui Website Toko Online

, , No Comments
Belanja Mudah Melalui Website Toko Online
Belanja merupakan salah satu hobi yang paling disukai oleh wanita. Terutama ketika di awal bulan, akan banyak dijumpai para kaum pecinta belanja yang berlalu-lalang di toko-toko, pasar, dan mall-mall. Yang paling sering dikunjung biasanya adalah toko yang menyediakan berbagai jenis pakaian, mulai dari pakian santai sehari-hari sampai seragam kantor maupun busana yang bisa digunakan untuk ke pesta-pesta. Namun, hal ini tidak berlaku untuk orang-orang yang mungkin saja sudah lelah bekerja dan tidak sempat untuk jalan-jalan berkeliling mencari barang-barang favorit mereka. Tentunya mereka akan lebih memilih beristirahat di rumah, menonton televisi, maupun kumpul bersama dengan keluarganya. Dengan adanya kecanggihan teknologi baik informasi maupun, telah banyak pilihan yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif dalam belanja tanpa perlu keluar rumah. Anda hanya perlu menghadap layar hp yang sedang terkoneksi dengan jaringan internet untuk mencari barang-barang yang Anda butuhkan. Saat ini banyak sekali website toko online yang bisa Anda manfaatkan memenuhi kebutuhan maupun yang memiiki hobi untuk berbelanja.

Belanja lewat internet bisa disebut juga sebagai belanja dalam jaringan, dimana Anda hanya perlu mencari situs yang menyediakan produk-produk sesuai kebutuhan, mulai dari pakaian, makanan, peralatan, gadget, elektronik dan masih banyak pilihan lainnya. Belanja dengan cara ini memang akan membantu Anda dalam menghemat waktu dan tenaga apalagi yang sudah lelah dengan rutinitas dan tidak punya cukup waktu untuk berbelanja. Kegiatan perdagangan dengan akses internet ini akan lebih memudahkan konsumen dari masing-masing penjual. Karena konsumen tidak perlu mengunjungi tempat penjualan baik itu toko, butik, mall, dan lain sebagainya. Konsumen cukup mengeklik situs web yang dituju yang tentunya sesuai dnegan kebutuhan dan memilih barang yang hendak dibeli. Dengan belanja secara online, pemilihan barang bisa dilakukan dari rumah atau kantor sehingga pembelian bisa dilakukan berjam-jam tanpa harus keluar rumah. 

Jika Anda baru pertama kali berbelanja di situs internet, pastinya sedikit bingung bagaimana cara yang harus ditempuh. Biasanya Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan dengan memasukkan email. Anda juga akan disediakan format alamat yang harus Anda lengkapi, alamat yang dicantumkan harus jelas karena ini akan berkaitan dengan pengantaran barang yang Anda beli. Setelah selesai memasukkan data pribadi, itu berarti Anda telah terdaftar dan bisa langsung memilih produk mana yang akan anda beli. Setelah selesai memilih produk, maka anda akan diarahkan untuk menyelesaikan transaksi yaitu pembayaran produk yang telah dipilih sebelumnya. Pilih opsi pembayaran yang menurut Anda mudah. Anda bisa memilih apakah melalui bank transfer yaitu transfer melalui ATM maka anda tinggal memilih ATM mana yang akan anda gunakan untuk melakukan pembayaran. Jika telah melakukan pembayaran selanjutnya, anda akan diminta untu mengkonfirmasi pesanan. Dan jika sudah melakukan transfer, simpan bukti pembayarannya. Setelah itu Anda bisa melakukan konfirmasi pembayaran. Untuk konfirmasi pembayaran bisa Anda isi sesuai dengan data atau bukti pembayaran tadi dilanjutkan dengan mengupload bukti transfer. Setelah itu selesai, Anda hanya perlu menunggu barang Anda di antarkan ke alamat rumah Anda. Biasanya durasi pengiriman barang antara 3-5 hari sesuai dengan lama pesanan yang tertera. Anda bisa melakukan control terhadap barang pesanan anda, seperti menanyakan sudah dimana posisi barang dan informasi lalin yang Anda butuhkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengontrol terus barang pesanan Anda selama di perjalanan. 

Berbelanja di situs belanja online Anda bisa memilih barang yang diinginkan dengan mengekliknya. Biasanya jika Anda telah memilih produk yang ingin Anda beli, secara otomatis jendela pada situs yang Anda buka akan langsung menampilkan langkah-langkah untuk berbelanja hingga  tahap pembayaran. Tentunya langkah pembayaran ini nantinya akan berbeda-beda tergantung dengan situs yang Anda pilih. Pembayaran biasanya dilakukan dengan melakukan transfer dengan jumlah uang sesuai nominal yang telah disepakati. Biasanya harga yang ditawarkan ini ada yang merupakan harga asli tanpa ada tambahan biaya pengiriman maupun sudah termasuk biaya pengiriman. Tentunya, jumlah biaya pengiriman yang harus Anda keluarkan bergantung pada jarak penjual dengan lokasi pengiriman.

Anda bisa membayarnya dengan kartu debit, kartu kredit, PayPal, memotong pulsa, cek, maupun COD. COD atau Cash On Delivery dilakukan secara langsung antara penjual dan pembeli dimana pembeli bisa menmeriksa terlebih dahulu barang yang akan dibelinya. Selesai itu pembeli bisa langsung membayar dengan uang tunai dan pihak penjual akan menerimanya. Sistem pembayaran seperti ini biasanya bergantung antara penjual dan pembeli atau melakukan janjian terlebih dahulu. Tata cara belanja melalui website marketplace Indonesia dapat dilakukan semakin mudah. Ketika konsumen tertarik dengan barang yang dituju, barang bisa langsung didapatkan dengan cukup melakukan panggilan telepon dengan sang penjual ataupun mengetikkan sms sesuai aturan. Setelah menerima pesan, Anda bisa langsung mentransfer uang ke penjual. Jika sudah maan barang yang Anda beli kemudian akan dikirimkan ke alamat yang Anda cantumkan baik melalui jasa kurir atau kantor pos. Transaksi seperti ini tetap harus diwaspadai, karena tidak sedikit terjadi masalah yaitu kebobolan rekening. Hal ini terjadi dikarenakan adanya pihak yang kurang bertanggung jawab. Tetapi Anda sebagai pengguna fasilitas belanja online juga perlu berhati-hati dalam melakukan transaksi.

Banyak orang yang menggunakan password yang sama untuk berbagai macam transaksi, salah satu transaksinya yaitu digunakan untuk mengakses akun di toko online atau internet banking agar gampang dihafal. Akan tetapi menggunakan password yang sama sangat rawan, jika peretas mendapatkan password maka mereka mendapatkan akses ke berbagai macam akun yang Anda miliki. Jadi sebagai salah satu langkah yang bisa diambil untuk meminimalisir bahaya ini yaitu dengan menggunakan password unik untuk setiap transaksi. Sehingga peretas akan kesulitan mendeteksi atau membobol akun Anda yang lain, terutama yang memiliki lebih dari satu akun. Cara membuat password yang kuat adalah pertama, mencantumkan minimal 14 karakter yang meliputi angka, simbol dan huruf besar dan kecil. Kedua,menjaga kerahasiaan password dan pin dan jangan pernah membagikannya melalui email, instant messaging, ataupun melalui telepon.

Selain menjaga keamanan akun, Anda juga harus mawas mengenai tagihan Anda. Jangan menunggu hingga tagihan Anda sampai, cobalah cek secara berkala rincian tagihan atau pengeluaran kartu kredit, kartu debit hingga paypal. Pastikan tidak ada tagihan yang mencurigakan. Jika ada, maka Anda bisa langsung menghubungi bank yang Anda gunakan. Cukup gunakan komputer pribadi untuk transaksi kebutuhanmu online. Alasan untuk menjauhi penggunaan komputer atau platform lain yang bukan milik Anda adalah rawannya informasi finansial Anda. Selain itu, untuk setiap transaksi gunakan jaringan wifi yang terenkripsi (wifi yang dilindungi oleh password dan bersifat privat) agar lebih aman. Jadi, demi kenyamanan dalam berbelanja Anda juga perlu menjaga diri sendiri dengan melakukan beberapa tips yang disebutkan di atas.

0 comments:

Post a comment