Obat Batuk untuk Ibu Hamil yang Ampuh dan Aman

, , No Comments
Obat Batuk Untuk Ibu Hamil
Obat batuk untuk ibu hamil tidak bisa dipilih secara sembarangan. Kondisi fisik ibu hamil tidak bisa disamakan dengan kondisi fisik manusia pada kondisi normal. Selain mempertimbangkan kondisi ibu, pemilihan obat juga harus mempertimbangkan kondisi janin yang sedang dikandung.

Sebenarnya ada beberapa jenis produk obat batuk yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, seringkali kita merasa ragu untuk memasukkan bahan-bahan kimia ke dalam tubuh ketika sedang hamil. Oleh karena itu, bahan alami lebih dipercaya untuk dijadikan obat bagi ibu hamil.

Obat Batuk untuk Ibu Hamil dari Bahan Alami

Bahan-bahan alami jauh lebih aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mudah didapatkan, bahan alami juga tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya untuk tubuh. Berikut beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat batuk untuk ibu hamil.

1. Lemon

Lemon bisa membantuk membuat tenggorokkan merasa nyaman dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Campurkan air perasan lemon dengan air hangat kemudian tambahkan madu agar tidak terlalu terasa asam sehingga tidak mengganggu kesehatan lambung.

Selain dijadikan minuman, lemon juga bisa menjadi obat dengan cara dihisap. Caranya Anda bisa mencampurkan garam dan lada dengan sepotong buah lemon segar.

2. Jahe

Jahe memang dikenal sebagai bahan alami yang bisa membantu membuat tenggorokan kita merasa nyaman ketika batuk. Rebus jahe kemudian ambil air rebusannya lalu campur dengan kencur. Minum air rebusan jahe dan kencur bisa membantu menyembuhkan batuk terutama batuk berdahak.

Selain dicampur dengan kencur, Anda juga bisa menggunakan jahe sebagai campuran teh. Minum teh hangat dengan jahe akan sangat membantu melegakkan tenggorokan ketika batuk.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah ternyata tidak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu masakan. Bawang merah bisa menjadi obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Caranya adalah dengan membuat jus bawang merah kemudian dicampur dengan madu agar rasanya lebih enak.

Selain bawang merah, bawang putih juga ampuh menyembuhkan batuk. Jika Anda tahan terhadap aroma dan rasa bawang putih, Anda bisa mengunyah bawang putih bersama dengan makanan lain untuk membantu meredakan batuk.

4. Kencur

Kencur juga dikenal ampuh mengobati batuk. Caranya sangat sederhana yaitu langsung dikunyah. Namun rasa getir dari kencur seringkali membuat sebagian besar orang tidak tahan mengunyah kencur secara langsung.

Jika tidak tahan mengunyah kencur, Anda bisa memarut kencur kemudian diperas dan diambil airnya. Minumlah air kencur ini dengan tambahan madu agar rasanya lebih nikmat.

5. Jeruk Nipis

Selain jeruk lemon, Anda juga bisa mencoba mengobati batuk dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya sangat mudah, ambil air perasan jeruk nipis kemudian campur dengan kecap dan sedikit madu lalu panaskan sebentar di atas api kecil.

Anda juga bisa meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat dan madu. Minuman ini bisa membantu membuat tenggorokan merasa nyaman.

6. Kemangi

Bagi Anda yang menyukai aroma kemangi bisa mencoba meminum air rebusan kemangi. Air rebusan kemangi diketahui sangat ampuh untuk mengobati batuk kering atau batuk yang tanpa disertai dahak.

Itulah tadi beberapa obat batuk tradisional yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Cara pembuatannya mudah dan bahan-bahannya juga sangat terjangkau. Anda bahkan bisa mendapatkan bahan-bahannya di kebun sendiri. Satu hal yang pasti, semua obat batuk untuk ibu hamil dari bahan alami ini aman untuk dikonsumsi. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a comment