Penuhi Kebutuhan Gizi si Kecil dengan Pilihan Susu Pertumbuhan Anak yang Tepat

, , No Comments
Penubi Gizi Si Kecil Dengan Susu Pertumbuhan Anak
Memilih susu pertumbuhan anak adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Setelah lulus dengan ASI eksklusif, anak perlu mendapatkan asupan gizi lengkap dari susu formula. Untuk itulah orang tua perlu memilih susu formula yang tepat dengan kandungan gizi lengkap yang bisa memenuhi kebutuhan si kecil.

Ada banyak sekali produk susu formula yang ada di pasaran. Pilihan susu formula yang pas bisa membantu memperlancar perkembangan anak di setiap tahap usia. Sebaliknya, salah memilih susu formula bisa jadi justru menganggu kesehatan anak apalagi kalau sampai menimbulkan reaksi alergi pada anak.

Salah satu pertimbangan ketika memilih susu formula untuk anak adalah kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Setiap produk susu memiliki kandungan susu yang berbeda dan Anda perlu cermat memperhatikan apa saja kandungan nutrisi yang ada sehingga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

3 Nutrisi yang Dibutuhkan si Kecil dalam Tahap Perkembangan

Berikut adalah 3 nutrisi penting yang dibutuhkan si kecil, yang harus ada dalam susu pertumbuhan anak yang akan Anda pilih :

1. DHA dan ARA
DHA dan ARA merupakan dua jenis asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan anak. Asam lemak omega-3 juga menjadi salah satu nutrisi yang banyak ditemukan di bahan makanan seperti daging ikan dan telur.

DHA merupakan asam dokosaheksanoat dan ARA merupakan asam arakhidonat. Dua nutrisi ini berfungsi penting dalam perkembangan penglihatan dan perkembangan otak si kecil. Banyak produk susu formula yang sudah memiliki kandungan DHA dan ARA.

2. Zat Besi
Zat besi menjadi salah satu jenis nutrisi yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat besi dari susu formula penting diberikan kepada si kecil terutama setelah tidak mendapat ASI. Hal ini disebabkan setelah tidak mendapat ASI maka cadangan zat besi akan berkurang.

Zat besi berfungsi penting mendukung proses pertumbuhan anak. Zat besi juga membantu mencegah terjadinya anemia pada anak. Dengan memberikan asupan zat besi yang cukup maka anak akan tumbuh dengan lancar dan terhindar dari penyakit anemia yang bisa membuat anak lemas.

Tak hanya untuk anak yang sudah berhenti diberi ASI, zat besi juga sangat penting diberikan pada bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI cukup dari ibunya. Hal ini dilakukan agar anak bisa tetap memperoleh asupan zat besi yang cukup dari susu formula yang dikonsumsi.

3.Probiotik dan Prebiotik
Probiotik dan Prebiotik adalah dua nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan organ pencernaan anak khususnya usus. Probiotik dan prebiotik merupakan bakteri baik yang akan menjaga kesehatan usus. 

Pada anak yang diberi ASI eksklusif, mereka bisa mendapatkan probiotik dan prebiotik untuk menjaga kesehatan usus. Sedangkan pada anak yang tidak diberi ASI atau sudah berhenti diberi ASI maka probiotik dan prebiotik perlu didapat dari susu formula.

Banyak sekali jenis susu formula yang bisa Anda temukan di pasaran. Susu formula juga biasanya dikategorikan berdasarkan usia anak karena dalam setiap masa perkembangan anak dibutuhkan nutrisi yang berbeda. Pilihlah susu formula yang memang ditujukan untuk usia anak Anda.

Selain itu, susu formula beredar dengan harga yang bervariasi. Penting sekali untuk diingat bahwa harga susu formula tidak berpengaruh pada baik atau tidaknya susu tersebut untuk anak. Anda harus selalu cermat melihat kandungan nutrisi pada susu pertumbuhan anak dan pastikan anak tidak menunjukkan reaksi alergi.

0 comments:

Post a comment