Perawatan yang Perlu Dilakukan setelah Melahirkan Normal

, , No Comments
Perawatan yang harus dilakukan setelah melahirkan normal
Melahirkan normal tentu menjadi impian bagi semua wanita. Merasakan perjuangan menjadi seorang ibu dan melahirkan seorang anak melalui sebuah proses normal tentu akan jauh lebih berkesan. Tak heran jika banyak calon ibu yang berjuang keras agar bisa melahirkan secara normal tanpa proses operasi.

Rasa sakit yang ditimbulkan pasca proses persalinan secara normal juga secara garis besar jauh lebih ringan daripada persalinan dengan operasi. Ibu yang melahirkan secara normal dinilai lebih cepat pulih dan bisa beraktivitas kembali. Sedangkan ibu yang melahirkan melalui proses operasi perlu menjalani masa pemulihan yang lebih lama.

Meskipun begitu, bukan berarti proses persalinan normal benar-benar bebas dari proses pemulihan. Setelah melahirkan secara normal, diperlukan perawatan yang tepat agar tubuh kembali bugar dan bisa beraktivitas seperti biasa. Pada artikel ini akan dibahas perawatan apa yang perlu dilakukan setelah melahirkan secara normal. 

Perawatan setelah Melahirkan Normal

1. Cukup minum air putih

Untuk mengembalikan stamina tubuh setelah melahirkan secara normal maka tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup. Penting sekali bagi anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas per hari. 

2. Hindari aktivitas berat

Memang bagus bagi anda untuk mulai bergerak setelah melahirkan. Namun, perlu diingat bahwa anda harus menghindari aktivitas yang terlalu berat bagi fisik anda yang masih lemah. Contohnya, anda perlu menghindari naik turun tangga serta mengangkat beban yang berat.

Lakukan aktivitas secara wajar dan jangan memaksakan diri jika sudah mulai terasa lelah. Anda harus ingat bahwa selain fokus memulihkan kondisi tubuh anda juga harus fokus mengurus bayi anda yang masih membutuhkan perhatian penuh.

3. Hindari berenang

Bagi anda yang hobi berenang, maka sebaiknya tidak melakukan aktivitas ini setelah anda melahirkan secara normal. Terlebih jika luka jahitan masih belum sembuh total. Anda bisa kembali melakukan aktivitas ini setelah dokter mengijinkan. 

4. Tunda hubungan seks

Anda disarankan untuk tidak melakukan hubungan seks untuk sementara waktu hingga kondisi tubuh anda kembali bugar. Mintalah suami anda untuk bekerja sama agar tidak terjadi hubungan seks setelah anda melahirkan secara normal.

5. Hindari penggunaan cairan pembersih vagina

Menjaga kebersihan vagina memang sangat penting apalagi setelah melahirkan. Namun, anda dilarang keras menggunakan cairan pembersih vagina karena bisa berdampak buruk pada bekas jahitan pasca melahirkan. Lebih baik gunakan metode pembersihan yang lebih alami dan aman.

6. Berolahraga ringan

Meskipun disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat namun bukan berarti anda dilarang berolahraga. Olahraga justru bisa membantu mempercepat proses pemulihan anda. Namun, anda harus cermat memilih jenis olahraga yang akan dilakukan.

Pilih olahraga ringan yang bisa membantu tubuh merasa rileks dan nyaman. Contohnya, anda bisa melakukan yoga atau jalan-jalan santai di pagi dan sore hari. 

7. Perhatikan asupan makanan

Anda harus memperhatikan asupan makanan untuk memulihkan kondisi pasca melahirkan secara normal. Konsumsi makanan sehat dengan kombinasi nutrisi yang seimbang. Asupan makanan yang sehat akan membantu anda cepat pulih sekaligus meningkatkan produksi ASI untuk si kecil.

Itulah tadi beberapa contoh usaha perawatan sederhana yang bisa anda lakukan setelah melahirkan normal. Satu hal yang paling penting adalah dukungan dari suami anda. Mintalah suami untuk bekerja sama membantu proses pemulihan setelah proses melahirkan.

0 comments:

Post a comment