5 Manfaat Terapi Musik Bagi Kesehatan Tubuh

, , No Comments
Terapi Musik Untuk Kesehatan
Musik bisa menjadi teman siapapun baik kalangan tua ataupun muda. Mendengarkan musik bahkan bisa membuat mood seseorang bisa naik, bersemangat, senag bahkan galau. Tapi nyatanya musik bukan hanya sekedar hiburan saja. Sebagian orang bahkan menggunakan musik sebagai alat untuk terapi kesehatan.

Selama ini telah banyak penelitian yang mengungkap manfaat mendengarkan musikbagi otak manusia. Terapi yang fokus pada kesehatan seseorang ini termasuk menikatkan kesehatan tubuh, kemampuan kognitif dan sebagainya. Pelaksanaan terapi musik sangatlah mudah hanya dengan mendengarkan, menyanyikan atau mendiskusikan musik untuk mencapai hasil yang maksimal.

Nah kali ini saya akan ulas manfaat terapi musik untuk kesehatan tubuh kita sebagaimana yang dilansir oleh Boldsky:

1. Mengatasi ketegangan otot

Tekanan dan stres yang dirasakan setiap hari terkadang berakibat pada kesehatan. Semisal setiap hari dihadapkan dengan tugas-tugas kantor yang mengharuskan Anda stand by di depan komputer terus menerus makan ototbagian punggung , leher dan pundak akan merasa tegang. Tapi ketika mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik tentu otot-otot yang tegang akan mengendur karena dengan mendengarkan musik yang disukai tubuh akan lebih rileks dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

2. Mengatasi insomnia

Penyebab utama dari insomnia adalah stres karena banyak pikiran dengan mendengarkan musik yang tenang akan menghilangkan beban-beban pikiran dan membuat mata lebih mudah terpejam tidur. Terutama musik dengan instrumen minimalis yang didengar berulang-ulang akan memberikan efek terbaik untuk membuat cepat tidur. 

3. Mengurangi depresi

Musik memang memberikan efek menengkan yang bisa membuat gelombang otak menjadi stabil. Bukan hanya mendengarkan musik tapi dengan menyanyikan musikjuga memberikan kekuatan bagi orang depresi. Walaupun musik tak bisa sepenuhnya menyembuhkan depresi tapi musik bisa meredakan gejala awal depresi.

4. Membantu pencernaan

Salah satu manfaat terapi musik lainnya adalah membantu sistem pencernaan tubuh, memang  tidak memiliki efek langsung pada tubuh. Karena dengan mendengarkan musik yang slow bisa menenangkan dan menghilangkan stres serta akan menurunkan produksi asam pada pencernaan tubuh sehingga asam pada lambung akan seimbang.

5. Menyehatkan jantung

Para pakar kesehatan menyatakan bahwa ritme detak jantung berperan sangat penting untuk membuat jantung tetapsehat dan stabil. Ibarat pelari maraton jika ia ingin sukses mencapai garis fnish maka harus mengatur ritme larinya dari start supaya bisa kuat hingga akhir, begitupula dengan jantung jika detak jantung tidak stabil maka bisa jadi akan berhenti mendadak sewaktu-waktu. Tapi degan mendengarkan musik bisa membantu untuk membuat ritme detak jantung menjadi lebih stabil.

Semua manfaat ini disebabkan karena musik adalah bahasa universal yang tak hanya digunakan untuk mengekspresian diri atau menghibur diri saja tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ga percaya? coba dan buktikan sendiri manfaatnya.

0 comments:

Post a comment