7 Tips & Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

, , No Comments
Semua orang pastinya menyukai hasil foto yang bagus. Tapi biasanya, karena faktor kepraktisan, orang awam biasanya lebih memilih mengambil foto dengan kamera smartphone biasa. Tapi tahu nggak sih ternyata hasil jepretan kamera smartphone pun bisa sebagus hasil kamera DSLR, asal kamu tahu caranya. 

Beneran, kamu juga bisa kok mendapatkan foto yang sempurna hanya dengan kamera smartphone, mau tahu caranya? Langsung aja yah simak tipsnya berikut ini.

1. Kenali kamera smartphone yang kamu gunakan

Yep, pelajari kamera smartphone kamu. Kenali resolusi serta aperturenya. Kenali juga kecepatan sensornya. Kalau aku, lebih memilih smartphone dengan kamera beresolusi tinggi. Kenapa? Karena resolusi yang tinggi memberikan kemampuan untuk menangkap detail serta warna yang lebih mendekati object aslinya.

Lalu, aku juga akan memilih kamera yang sudah memiliki modul dual lense, alias dual kamera agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Dual kamera selain menawarkan efek bokeh, kamera dengan modul ini juga memberikan hasil gambar yang lebih luas alias wide angle.

Lalu penting juga memiliki kamera smartphone yang sudah dilengkapi dengan AI atau kecerdasan buatan. Fungsinya adalah agar foto yang dihasilkan lebih sempurna, warna yang lebih alami, tone warna yang lebih natural serta bentuk object yang lebih tajam.

Nah, kabar baiknya, semuanya itu bisa kita dapatkan di dalam satu smartphone. Yes, kemarin aku berkesempatan nyobain kamera dari smartphone terbaru OPPO Find X. Satu kata saat pertama kali menjepret object adalah “sempurna”. Dengan OPPO Find X, aku bisa dapatkan hasil foto seperti menggunakan DSLR. Tanpa perlu mengatur fokus, tanpa perlu mengatur bukaan serta shutter lensa, voila! Hasil terbaik yang pernah aku dapatkan dari kamera smartphone!

Hasil Kamera Belakang OPPO Find X
OPPO Find X memiliki modul dual lensa yang beresolusi 16MP + 20MP, cukup tinggi untuk menangkap object serta mampu menghasil efek bokeh tentunya. Aperturenya yang pas, yaitu f/2.0 memudahkan aku untuk menangkap object yang bergerak serta bercaya rendah. Lensanya dilengkapi dengan OIS juga loh, jadi lebih stabil dan ngga akan ngeblur gara-gara getaran.  Berkat AI yang melekat, kamera OPPO Find X juga mampu melakukan analisa jarak antara obyek yang dijadikan fokus dengan elemen lain di dalam frame, menjadikan foto lebih indah.

Hasil Jepretan OPPO Find
Oh ya, bagian ini yang paling aku suka, kamera selfienya. Kamera selfie OPPO Find X beresolusi 25MP dengan AI yang yang mampu mendeteksi wajah dan Menyempurnakan hasil selfie. Kemudahan tersebut didapat dari kecepatan menemukan fokus serta pilihan efek pencahayaan khusus sesuai dengan keinginan penggunanya. Wah ini sih kabar baik banget buat yang gandrung dengan sosial media, jadi makin eksis dengan hasil foto selfie yang ciamik!

2. Lebih dekat dengan object

Hindari fitur zoom karena akan mengurangi kualitas gambar. Sebaiknya dekati object dan penuhi viewfinder atau layar smartphone dengan objek foto kamu.

Namun, kamu juga perlu berhati-hati, kadang saking kepengennya kita mendapatkan gambar yang bagus, kita suka lupa untuk berhati-hati dengan kamera kita, terutama lensanya. Kadang posisi smartphone yang terlalu dekat dengan object malah membuat kamera kita terbentur atau tergores. Nah, di OPPO Find X, kameranya sangat terlindungi, karena berada tersembunyi di dalam body. 

Tampilan belakang OPPO Find X
Jadi ketika kita ingin menggunakan kamera, maka kamera akan muncul ke atas secara motorik, mirip-mirip teropongnya kapal selam loh. Selain untuk memberikan layar yang penuh dan tanpa notch, fungsi kamera geser ini juga berguna untuk melindungi lensa kamera, apabila smartphone terbentur atau jatuh, sebab kamera akan otomatis tersembunyi ketika mendeteksi apabila smartphone terjatuh. Inovatif banget yah!

3. Selalu Ingat Komposisi Rule of Thirds

Kalau kamu ingin foto yang dihasilkan senatural mungkin, gunakan komposisi Rule of Thirds, singkatnya adalah untuk memecah frame menjadi tiga bagian yang sama, baik secara horizontal maupun vertikal.

Hasil Jepretan OPPO Find X Outdoor
Beberapa kamera smartphone menempatkan garis-garis komposisi untuk memudahkan kamu saat mengambil gambar. Nah, dengan AI pada OPPO Find X, tugas ini semakin mudah, karena AI mampu menganalisa object dengan background, so fotografi jadi makin mudah.

4. Cari pencahayaan terbaik

Pencahayaan natural selalu menghasilkan warna foto yang lebih baik daripada dengan dengan flash kamera. OPPO Find X menyiasatinya dengan memberikan aperture yang lebih besar. Jadi dalam kondisi low light sekalipun, lensanya mampu menangkap hasil yang baik.

Hasil Jepretan OPPO Find X Indoor

5. Tambahkan editing

Banyak smartphone yang dibekali dengan editing tools yang mumpuni untuk memaksimalkan hasil foto. Secara umum lebih baik meng-crop foto ketimbang zoom. Tambahkan enhance colors, brightness, contrast, serta filter. Berikan sentuhan-sentuhan sticker yang lucu agar foto tidak membosankan. 

Kalau aku ngga perlu pakai aplikasi tambahan, aku cukup pakai OPPO Find X maka hasil foto jadi lebih artsy. OPPO Find X punya banyak filter yang ngga pasaran loh, stikernya juga lucu-lucu. Jadi foto-foto aku bisa lebih eksis dan unik!

Hasil editan lucu OPPO Find X
Nah, selain tips di atas, apa kamu punya tips lainnya yang bisa digunakan untuk menambah keindahan hasil foto kamu? Yuk silakan berbagi tips!

Kamu juga bisa cari tau lebih banyak mengenai OPPO Find X dengan melihatnya di sini: http://findx.oppomobile.id/

0 comments:

Post a comment