Mengenal Lebih Dalam Tentang Agroindustri atau Industri Pertanian

, , No Comments
Majunya Industri Pertanian Indonesia
Agroindustri adalah kata lain dari industri pertanian yang merupakan suatu kegiatan dimana memanfaatkan hasil dari pertanian sebagai bahan bakunya. Tidak hanya itu agroindustri juga merancang dan menyediakan peralatan serta jasa yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut. 

Hasil atau produk dari agroindustri merupakan produk yang sudah siap dikonsumsi atau produk akhir. Atau bisa juga produk yang digunakan sebagai bahan baku untuk industri lainnya. 

Agroindustri adalah sektor ekonomi yang di dalamnya terdapat perusahaan, agen dan institusi dimana agen tersebut menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan petani dan mengambil komoditas dari hasil pertanian tersebut. Yang nantinya diolah kemudian disalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. 

Agrobisnis merupakan langkah strategis yang menjadi jembatan penghubung antara sektor pertanian pada kegiatan hulu dan sektor industri pada kegiatan hilir. Jika agrobisnis dapat berkembang dengan baik maka jumlah tenaga kerja, pendapatan petani, nilai tukar produk hasil pertanian dan penyedia bahan baku industri juga akan meningkat dengan cepat.

Potensi Industri Agro di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan sumber daya alamnya, utamanya dalam bidang pertanian. Untuk itu, industri agro sangat perlu untuk dikembangkan di Indonesia. Industri yang berbasis pertanian perlu dikembangkan, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai tambah dari komoditas pertanian. 

Indonesia berpotensi untuk mengembangkan agrobisnis. Karena sudah terbukti mampu membentuk pertumbuhan ekonomi nasional. Yakni ketika Indonesia sedang dilanda krisis ekonomi pada tahun 1997-1998, agroindustri menjadi satu-satunya aktivitas yang mampu berkontribusi secara positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional.

Tidak hanya diimplementasikan pada skala besar saja. Industri agro juga dapat diimplementasikan untuk pengembangan usaha kecil menengah terutama yang berada di desa-desa. KUD merupakan tempat ideal untuk memberikan nilai tambah komoditas di desa tersebut.

Pentingnya Agroindustri di Indonesia

Yang menjadi salah satu kendala dalam proses pengembangan agroindustri di Indonesia adalah masih rendahnya kemampuan dalam mengolah produk. Hal ini dibuktikan dengan beberapa bahan mentah yang di ekspor. Dengan indeks retensi pengolahan sebesar 71-75%. 

Dengan alasan tersebut, untuk meningkatkan agroindustri di Indonesia terutama sumber daya manusia sendiri, maka perlu adanya pengembangan dari berbagai elemen. 

Teknologi Industri Pertanian

Sebagian besar mendefinisikan teknologi industri pertanian sebagai suatu disiplin ilmu terapan. Karena pada teknologi industri pertanian lebih memfokuskan pada prencanaan, perancangan, pengembangan, evaluasi sebuah sistem terpadu. Dimana sitem tersebut meliputi manusia, bahan, informasi, peralatan, dan energi yang ada pada kegiatan agroindustri dengan tujuan untuk mencapai kinerja yang optimal.

Berikut adalah bidang kajian yang termuat dalam teknologi industri pertanian.
  1. Sistem teknologi proses industri pertanian. Didalamnya terdapat kegiatan dengan perencanaan, instalasi serta perbaikan suatu sistem terpadu yang meliputi bahan, sumber daya, peralatan dan energi.
  2. Manajemen industri. Dimana mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan, bagaimana pengoperasian dan perbaikan yang dilakukan pada suatu sistem terpadu jika terdapat permasalahan pada sistem usaha agrobisnis.
  3. Teknoekonomi agroindustri. Hal-hal yang dikaji adalah yang berkaitan dengan perencanaan, analisis serta merumuskan kebijakan dari suatu sistem terpadu jika terdapat permasalahan sektor agroindustri.
  4. Manajemen mutu. Yang dikaji ialah seputar penerapan prinsip-prinsip manajemen yang meliputi perencanaan, penerapan serta perbaikan agar mampu menghasilakn mutu yang optimal seperti yang telah ditetapkan. 

Sebenarnya masih banyak prodi-prodi selain prodi teknologi industri pertanian yang berhubungan dengan agroindustri. Misalnya seperti teknik kimia, agribisnis, teknik bioproses, biokimia, ilmu dan teknologi pangan, dan lain sebagainya.

Itulah ulasan mengenai agroindustri. Jadi sudah terjawab kan apa itu agroindustri yang juga biasa disebut dengan industri pertanian. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk mengembangkan serta memajukan industri pertanian di Indonesia khususnya. 

0 comments:

Post a comment