3 Tips Memilih Oli Mesin Terbaik Untuk Mobil Anda

, , No Comments
Oli Mobil Idemitsu

Selaras dengan perkembangan zaman memiliki kendaraan bermotor menjadi hal wajib bagi setiap individu. Tapi taukah Anda bagaimana kendaraan bermotor seperti mobil harus selalu dirawat mesinnya dengan baik? Yaa, hal paling utama yang harus dilakukan pemilik mobil secara rutin adalah mengganti oli mobil. Sebab fungsi oli adalah melumasi mesin mobil supaya tidak saling berbenturan satu sama lain dan mesin bekerja dengan mulus. Jadi Anda harus memilih oli mesin mobil terbaik supaya mesin mobil Anda tetap dalam peforma terbaik.

Setiap Anda menyerviskan mobil Anda sudah barang pasti montir akan merekomendasikan jenis oli yang paling cocok dengan kendaraan Anda. Tapi akan lebih meyakinkan lagi jika Anda mengetahui dengan baik tentang pemilihan oli terbaik untuk kendaraan Anda, supaya ketika tiba-tiba Anda harus membawa mobil ke bengkel baru, Anda sudah tidak bingung lagi memilih oli terbaik untuk mobil Anda. Berikut penjelasannya:

Fahami Karakter Mesin

Cara paling mudah memilih oli mobil adalah dengan melihat manual book yang diberikan ketika Anda membeli mobil. Dalam buku tersebut sudah dijelaskan secara menyeluruh tentang bagaimana pengoprasian mobil dan apa saja yang dibutuhkan oleh sebuah mobil. Namun perlu diingat bahwa yang diperlukan mesin mobil Anda adalah kecocokan oli dengan mesin bukan mereknya. Jadi pilihlah kualitas oli terbaik untuk mesin kendaraan Anda supaya mesin mobil Anda terasa nyaman sampai kapanpun.

Kekentalan Oli

Fungsi oli memang sama, tapi oli tidak akan bisa berfungsi dengan maksimal jika kandungannya tidak sesuai dengan karakter mobil Anda. Biasanya perbedaannya terletak pada kekentalan cairan oli. Tingkat kekentalan oli ditunjukan melalui nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Karena semakin besar angka dalam kemasan oli tandanya cairan oli semakin kental.

Bahan Pembuatan Oli

Oli mobil dibedakan menjadi dua, oli sintetis dan oli mineral. Oli sintesis adalah oli yang bahan pembuatannya dari berbagai bahan kimia dengan sifat aditif. Sedangkan oli smineral adalah oli yang terbuat dari ekstraksi minyak bumi. Dan tentunya oli mineral memiliki keuntungan bagi pemilik mobil. Diantaranya adalah kadar penguapan lebih rendah, tahan terhadap gesekan serta melumasi mesin dengan baik dan oli mineral menjaga kebersihan mesin.

Nah itulah 3 hal yang harus diperhatikan ketika ingin memilih oli untuk mobil Anda. Jadi tak perlu pusing-pusing lagi ketika Anda ingin mengganti oli mobil Anda. Tiga acuan diatas sudah lebih dari cukup untuk memilih pelumas untuk mesin mobil Anda. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment