Cara Mudah Merencanakan Keuangan Keluarga

, , No Comments
Cara Mudah Merencanakan Keuangan Keluarga
Mengatur keuangan dalam keluarga sangatlah penting. Terlepas dari jumlah pendapatan yang diterima perbulan, sebaiknya Anda memahami cara mengatur keuangan yang tepat. Dengan begitu, diharapkan Anda mampu untuk tetap menabung dan menyisihkan uang untuk kebutuhan lainnya.

Berikut tips merencanakan keuangan keluarga yang harus Anda ketahui:

Buat daftar pengeluaran

Untuk memulai melakukan perencanaan keuangan, susunlah daftar yang berisi jumlah pemasukan baik harian ataupun bulanan Anda. Kemudian buat daftar yang berisi tagihan bulanan seperti listrik, air, bahan bakar kendaraan bermotor dan sebagainya.

Kemudian buat daftar berisi belanja bulanan yang dibutuhkan. Membuat daftar pengeluaran dan pendapatan dapat membantu Anda memproyeksikan rencana keuangan yang tepat.

Menghindari berhutang sebisa mungkin

Salah satu faktor perencanaan keuangan yang paling mengganggu adalah jika Anda atau anggota keluarga memiliki hutang. Hutang yang terus-menerus dan menjadi bagian dari gaya hidup dapat membuat perencanaan keuangan menjadi kacau. Akibatnya, jangankan menyisihkan uang untuk ditabung, syukur-syukur Anda bisa membayar hutang tersebut di bulan selanjutnya.

Berhutang yang tidak perlu misal menggunakan kartu kredit akan membuat Anda ketagihan. Kemudahan dalam pembayaran membuat Anda bisa kalap diri dan lupa berapa banyak yang sudah Anda habiskan dalam sebulan. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari hutang sebisa mungkin.

Membuat perencanaan keuangan

Membuat perencanaan yang tepat untuk keuangan keluarga sangat penting agar uang yang dimiliki dapat mencukupi seluruh kebutuhan wajib keluarga. Akan lebih baik jika di dalam perencanaan keuangan tersebut Anda menyisihkan sebagian uang yang diperoleh untuk ditabung.

Sebaiknya rencana keuangan dibuat serealistis mungkin. Tidak perlu membuat yang sangat ideal karena kebutuhan mendesak sudah pasti akan terjadi. Yang terpenting Anda mematuhi rencana keuangan yang sudah Anda buat sebisa mungkin.

Menetapkan target keuangan di masa mendatang

Dalam mengatur perencanaan keluarga, Anda harus dapat membuat target yang sekiranya ingin dicapai Anda sekeluarga di masa mendatang. Misalnya jika Anda ingin memiliki sejumlah tabungan beberapa tahun ke depan, maka Anda tentu akan menyusun rencana keuangan sejak dini.

Membedakan antara keinginan dan kebutuhan

Sebaiknya buatlah daftar kebutuhan dan keinginan setiap awal bulan. Daftar keinginan dan kebutuhan ini sangat berguna agar Anda dapat menentukan skala prioritas bagi keluarga. Bedakan antara kebutuhan yang sangat urgen hingga hanya sekadar keinginan.

Kebutuhan mendesak seperti makan, tagihan listrik dan sebagainya yang memang tidak mungkin dikurangi sehingga harus dijadikan prioritas. Sementara keinginan yang bisa ditunda jadikan prioritas kedua. Jangan sampai keinginan Anda mengalahkan kebutuhan utama.

Berinvestasi sejak awal

Investasi sangat penting dilakukan sejak awal sebagai jaminan keluarga Anda di masa mendatang. Investasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa investasi emas maupun properti yang cenderung aman dan cukup terjamin hingga masa mendatang.

Ajak seluruh anggota keluarga untuk menabung

Akan lebih efektif dalam perencanaan keuangan jika Anda juga mengajak seluruh anggota keluarga untuk menabung. Anda bisa mengajak si kecil untuk mulai menyisihkan uang jajan setiap harinya untuk ditabung. Dengan begitu, Anda tentu akan merasa lebih ringan dalam mengatur keuangan.
Sebaiknya, Anda tetapkan jumlah wajib yang harus ditabung setiap menerima gaji. Dengan begitu, mau tidak mau Anda harus menyisihkan uang tersebut setiap bulannya untuk ditabung.

Ikut asuransi

Asuransi bisa dibilang sangat diperlukan terutama untuk menghadapi kondisi tidak terduga di masa mendatang. Anda tentu tidak akan tahu kapan sakit atau kondisi mendesak yang membuat Anda membutuhkan banyak dana untuk mengatasinya. Oleh karena itu, mengikutkan diri dalam asuransi akan lebih dapat memberikan jaminan terhadap kesehatan keluarga.

Untuk ikut asuransi kini tidak perlu bingung lagi mencari perusahaan yang menyediakan jasa asuransi paling tepat. Anda bisa mencari paket asuransi terbaik melalui lifepal.co.id. Lifepal menawarkan beragam program asuransi kesehatan dan jiwa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terbaik di tanah air. Ada juga program asuransi BPJS+ yang memberikan kelebihan lebih dibanding BPJS regular.

Memang benar bahwa mengatur keuangan keluarga tentu tidak semudah mengatur keuangan sendiri. Hal ini dikarenakan Anda juga harus memikirkan pengeluaran setiap anggota keluarga. Namun, cobalah untuk menjalankan secara serius langkah di atas. Niscaya Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan keluarga sehari-hari.

0 comments:

Post a comment