Apa Saja Fungsi-fungsi Penting Oli Motor yang Perlu Anda Ketahui?

, , No Comments
lindungi Motor Anda dengan Oli Mobil Super Moto
Motor merupakan salah satu kendaraan yang sangat umum dipakai di berbagai kalangan. Harganya yang relatif lebih murah dibandingkan membeli mobil, tentu saja menjadi alasan kenapa motor banyak diminati masyarakat, baik itu di masyarakat perkotaan maupun di daerah-daerah. Namun, agar mesinnya dapat bekerja dengan baik, maka dibutuhkan oli motor sebagai pelumasnya.

Memilih oli pada motor tidak boleh dilakukan sembarangan. Mentang-mentang harganya yang murah, Anda pun langsung membeli, atau harganya yang mahal dianggap terbaik belum tentu jenisnya tepat untuk kendaraan Anda. Untuk mencarinya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu karakter mesin Anda. Dapat Anda lihat di buku panduan motor yang Anda dapatkan saat membelinya.

Jangan sampai Anda salah memilih oli untuk motor kesayangan Anda, karena akan memicu berbagai kerusakan yang biaya perbaikannya tidak sedikit. Bagi Anda yang masih bingung mencari oli motor yang tepat di mana, tidak ada salahnya Anda membelinya di mobil.co.id. Di situs tersebut tersedia pilihan oli-oli yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan mesin Anda.

Tapi terlepas dari itu, perlu diketahui kalau oli pada motor memiliki fungsi-fungsi yang penting, antara lainnya.

1. Mengurangi gesekan

Sama seperti komponen mesin mobil, pada motor pun juga membutuhkan oli agar bisa melumasi gesekan antar mesinnya. Tanpa adanya oli, sebenarnya mesin-mesinnya masih dapat saling bergesekan, tapi akan mengakibatkan masalah yang bisa merusak mesinnya, seperti mengeluarkan bunyi berisik, aus, dan sebagainya. 

Selain itu, gesekan yang tanpa dilumasi dengan oli motor akan membuat mesinnya menjadi cepat panas dan tenaga saat Anda melakukan tarikan gas akan semakin berkurang. Karena itulah, oli pada motor di sini bisa dikatakan sebagai pelumas mesin agar saat terjadi gesekan waktu motor dinyalakan dapat terasa lebih halus dan tidak kasar bergesekan.

2. Sebagai pendingin

Selain sebagai pengurang gesekan pada mesin-mesinnya, oli motor juga sangat penting untuk menjadi pendingin. Kenapa bisa begitu? Seperti yang sudah kita ketahui, saat komponen mesinnya mengalami pergesekan saat motor dinyalakan, maka akan menghasilkan panas. Hal tersebut juga disebabkan karena dibagian silindernya akan mengalami proses pembakaran. 

Tanpa adanya oli, maka panas yang dihasilkan dari proses-proses tersebut akan membuat mesin menjadi lebih cepat atau mudah mengalami overheat atau panas berlebih. Jika Anda mengalami panas yang berlebih pada mesin motor Anda, nantinya motor tidak akan bisa dinyalakan atau saat menarik gasnya akan terasa sangat berat.

3. Sebagai perapat

Beberapa bagian komponen mesin motor terdapat celah-celah yang perlu dirapati agar dapat berfungsi dengan baik. Komponen yang memiliki celah tersebut yaitu piston dan silinder. Fungsi dari oli motor lainnya yaitu dijadikan sebagai perapat antara komponen-komponen tersebut. 

Nantinya oli akan mengatasi kebocoran dari celah-celahnya sehingga proses kompresi maupun tekanan hasil dari kinerja pembakaran piston dan silinder tidak bocor. Kalau tidak diberikan oli, maka motor Anda akan sulit dinyalakan dan tidak dapat digunakan. 

4. Sebagai pembersih

Selain sebagai perapat, oli motor juga berperan penting sebagai pembersih. Dalam fungsi yang satu ini, nantinya oli akan membersihkan berbagai kotoran yang sudah dihasilkan oleh proses gesekan yang terjadi pada mesin-mesin motor. Dengan adanya oli tersebut, maka kotoran yang dihasilkannya akan dilunturkan, sehingga komponen mesin yang saling bergesekan tidak akan mudah kotor. 

Peran penting oli motor perlu Anda ketahui agar Anda tidak menganggap remeh pengisian oli. Lakukan secara rutin agar mesin Anda dapat dilumasi dengan baik, dengan begitu, kerusakannya yang parah dapat terhindari.

0 comments:

Post a Comment