Kriteria dan Acuan untuk Memilih Data Center yang Tepat

, , No Comments
Ilustrasi Data Center Ideal
Data center atau pusat data adalah fasilitas yang diperuntukkan guna menempatkan sistem komputer beserta elemen-elemennya yang saling berkaitan, meliputi komunikasi data dan penyimpan data, serta sistem operasi komputer. Secara mudahnya, pusat data merupakan fasilitas fisik yang dipergunakan untuk menampung aplikasi sekaligus informasi penting. Lantas, bagaimana Anda harus memilih pusat data yang tepat dan sesuai kebutuhan?

Kriteria Memilih Layanan Data Center yang Tepat 

1. Otomatisasi dan Layanan Analisis yang Diberikan
Sebuah penyedia layanan data center yang baik diharuskan mempunyai alat penyimpanan data yang bisa secara mandiri dan otomatis mengatur kapasitas data, melakukan analisis data, serta mampu menjalankan berbagai perintah berkaitan dengan storage. Hal ini penting diperhatikan karena dalam penyimpanan data super besar tidak bisa dijalankan secara manual tanpa otomatisasi, sehingga perlu disediakan perangkat penyimpanan data yang multitasking dan otomatis.

2. Efektivitas dan Efisiensi Penyimpanan
Kriteria lain yang penting Anda pertimbangkan sebelum memilih penyedia pusat data adalah berkaitan dengan efisiensi penyimpanan. Infrastruktur teknologi informasi yang akan Anda gunakan harus mampu mengendalikan dan meningkatkan produktivitas TI, serta menekan biaya operasional yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan. Hal ini menjadi poin penting karena sebuah perusahaan atau korporasi tentu tidak ingin dirugikan dengan infrastruktur teknologi informasi yang kurang berkualitas tapi membutuhkan banyak biaya.

3. Perlindungan Data yang Terintegrasi dengan Baik
Sebuah layanan data center mempunyai perlindungan data yang unggul dan mumpuni sehingga memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan pengaturan awal dan membiarkan otomatisasi sistem berjalan secara mandiri. Selain itu, harus bisa meningkatkan efisiensi operasional dan sebisa mungkin mengurangi bahkan menghilangkan kesalahan yang dilakukan manusia alias human error. Pengamanan data dan keamanan perangkat sebaiknya menggunakan sistem multi-level security yang bisa mencegah akses tidak sah dari luar.

4. Pengelolaan dan Lokasi Penyedia Layanan
Lokasi penyedia layanan pusat data juga perlu Anda pertimbangkan, karena berdampak langsung terhadap keamanan penyimpanan data. Aspek yang perlu diperhatikan antara lain bangunan pusat data, aspek geologi, vulkanologi, topografi, dan lain-lain. Selain itu, pusat data juga harus menerapkan standar pengelolaan yang mumpuni, meliputi standar prosedur perawatan, standar prosedur operasi, standar pemulihan serta mitigasi bencana, dan sebagainya. 

5. Sistem Operasional yang Baik Tanpa Gangguan
Penyedia data center yang ideal harus mempunyai layanan always on atau zero down time, terutama bagi aplikasi yang urgent untuk bisnis Anda. NEX merupakan salah satu provider pusat data yang menggunakan teknologi terbaru untuk meningkatkan kualitas layanan operasional yang baik, misalnya dengan pengecekan dan pemantauan langsung melalui “satu klik” aplikasi ponsel Anda bernama Aplikasi NEX. 

Aplikasi NEX
6. Virtual Storage Tiering
Virtual storage tiering merupakan platform penyimpanan data super besar yang diperuntukkan sebagai storage bagi big data. Pusat data yang baik mempunyai keluwesan penyimpanan yang tidak terbatas pada ketersediaan kapasitas storage, melainkan pada kesiapan untuk menyimpan berbagai jenis data atau media pada perangkat yang berbeda. Data yang kritis bisa disimpan di flash drive, sementara data lainnya yang tidak terlalu aktif memungkinkan untuk disimpan pada DATA drive. 

Itulah 6 kriteria dan acuan yang penting Anda perhatikan sebelum memilih layanan data center. Urgensi keberadaan pusat data sangatlah tinggi karena diibaratkan sebagai inti dari sebuah perusahaan atau korporasi yang menyimpan berbagai data penting. Oleh karena itu, kriteria di atas perlu Anda pertimbangkan secara matang sebelum memilih pusat data.

0 comments:

Post a comment