APLIKASI YANG MEMUDAHKAN KAMU BEKERJA DARI RUMAH

, , No Comments
Ilustrasi Work From Home
Di abad ke-21 ini teknologi semakin canggih sehingga memudahkan kita untuk beraktifitas. Jarak pun kini bukan lagi halangan bagi seseorang untuk melakukan sesuatu hal dari rumah. Kebijakan pemerintah Indonesia soal social distancing atau WFH (Work From Home) yang kini marak karena COVID-19 mewabah di Indonesia, akhirnya di diterapkan baik di kantor pemerintahan maupun beberapa kantor swasta. Para karyawan hanya tinggal terhubung dengan internet untuk bisa tetap bekerja “serasa” di kantor. Walaupun tetap terasa mengganjal karena terpisah jarak. Ada beberapa aplikasi yang sangat mendukung para karyawan pada saat penerapan kebijakan ini berlangsung.

1. Aplikasi Absensi

Proses absensi merupakan hal penting saat bekerja. Namun kini kita tidak perlu khawatir soal absensi, banyak sekali aplikasi baru bermunculan guna memudahkan kita saat proses absensi. Salah satu contohnya adalah Hadirr yang berdiri sejak 2007 silam. Aplikasi ini memperkenalkan fitur absensi berdasarkan lokasi (GPS) dan face recognition. Saat WFH diberlakukan HR bisa mengatur proses check-in agar bisa dilakukan dari berbagai lokasi sehingga memudahkan karyawan untuk bisa bekerja dari rumah. Face recognitionnya juga menjadi semacam authentification dengan harapan tidak ada karyawan yang bisa mengelabui check-in ataupun check-out kantor. 

2. WhatsApp

Dikutip dari WikiPedia WhatsApp sendiri didirikan sejak 24 Februari 2009. WhatsApp ini sekarang banyak sekali digunakan para karyawan selain untuk chatting dengan sesama pegawai atau membuat grup chatting tetapi juga karena kemudahannya untuk mengirim file tanpa kita repot harus membuat email terlebih dahulu. Kemudahan semacam ini sangat berpengaruh ketika kita harus dengan segera mengirim file.

3. Zoom

Dikutip dari CNBC Indonesia, aplikasi Zoom adalah software (perangkat lunak) untuk rapat virtual atau teleconference dengan konsep berbagi layar (sharing screen). Aplikasi ini memungkinkan 100 pengguna berpartisipasi dalam satu pertemuan online. Aplikasi ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Bila gratis waktu rapatnya dibatasi minimal 40 menit untuk satu kali rapat. 

4. Google Docs / Google Sheets

Google Docs atau Google Sheets pada dasarnya sama dengan Microsoft Word atau Microsoft Excel hanya saja yang membedakannya adalah kamu bisa bekerja secara online serta bisa melibatkan banyak orang sekaligus. Misalnya, dalam satu dokumen setiap orang bisa ikut serta dalam mengedit atau menulis hal baru di dokumen tersebut, sehingga ketika ada kesalahan langsung bisa terkoreksi. Aplikasi ini sangat membantu ketika kita harus bekerja sama dalam tim saat harus terpisah karena jarak. 

5. Digital Banking

Di era yang serba mudah ini, urusan perbankan juga semakin ikut dipermudah dengan adanya berbagai aplikasi internet banking atau mobile banking. Sehingga kamu bisa dengan mudah tarik uang tunai bahkan transfer antar bank. Namun yang sering menyulitkan bagi kita adalah administrasi bank yang biayanya cukup tinggi untuk bertransaksi, terutama saat transfer antar bank. Kini digibank mempunyai aplikasi transfer antar bank yaitu digibank by DBS. Aplikasi ini sangat memudahkan kamu untuk bisa gratis biaya tarik tunai di atm manapun, gratis transfer antar bank, bahkan gratis biaya admin hanya dengan saldo rata-rata 1 juta rupiah per bulannya.  Kemudahan yang diberikan digibank by DBS ini merupakan sebuah komitmen dari DBS Indonesia untuk mendukung pasar financial technology di Indonesia. Jadi kamu tidak perlu takut lagi terpotong biaya transfer antar bank saat bertransaksi dengan digibank.

0 comments:

Post a comment