Tips Memilih Pelindung Luka Yang Bagus dan Tepat

, , No Comments
Tips Memilih Pelindung Luka Terbaik
Walaupun sudah sangat berhati-hati terkadang musibah memang tak bisa terhindarkan. Contoh kecil saja ketika sedang jalan santai ataupun jogging tak jarang kita tersandung dan terjatuh, akhirnya kita mendapatkan luka gores entah di telapak tangan ataupun di lutut karena menahan tubuh supaya tidak jatuh ke tanah. Saat mendapat luka lecet seperti itu akan sangat lebih baik jika kita segera membeli plester pelindung luka yang bagus supaya luka jatuh tadi tidak terkena kotoran dan kuman.

Tapi jangan lupa untuk membersihkan luka jatuh tadi menggunakan air bersih yang mengalir supaya debu dan kotoran yang menempel pada luka bisa hilang tersapu oleh air bersih tadi, baru kemudian setelah bersih balut luka menggunakan pelindung luka yang sudah dibeli.

Nah dalam artikel ini saya akan sedikit membahas tentant cara memilih plester pelindung luka yang paling tepat, karena banyak sekali jenis dan model plester luka yang dijual di apotek dan kios-kios tertentu. Karena itulah akan sedikit saya bahas cara memilih plester pelindung luka yang paling tepat.

1.  Pilih model plester sesuai jenis luka

Di pasaran terdapat dua jenis plester, pertama plester dengan pad atau bantalan dan yang kedua plester tanpa pad. Plester dengan pad biasanya digunakan untuk luka-luka ringan seperti luka gores, luka lecet, luka bekas suntukan atau bahkan luka bekas digigit serangga. Guna dari pad itu sendiri adalah untuk menjaga luka dari plester dan juga untuk menambahkan antiseptik pada pad secara langsung tanpa memberikan kain kasa.

Sedangkan plester tanpa pad biasanya digunakan untuk luka yang lebih serius seperti luka bekas oprasi ataupun luka sayat yang lebar sehingga butuh plester tanpa pad untuk merekatkan kain kasa pada luka tersebut. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan Anda, jika luka kecil maka gunakan plaster dengan pad saja.

2. Pilih ukuran plester

Aneka bentuk plester
Plester juga punya banyak sekali bentuk, mulai dari bulat, persegi, persegi panjang sampai ada juga yang bentuk gulungan. Ketika Anda mendapatkan luka gores pada kulit maka pelindung luka yang terbaik adalah menggunakan plester persegi atau persegi panjang. Karena bentuk plester yang amat banyak jadi tinggal pilih sesuai keinginan Anda mau pakai plester yang ukuran dan bentuk seperti apa. Satu hal lagi yang mau saya ingatkan bahwa plester dalam bentuk gulungan adalah plester jenis tanpa pad sedangkan plester ukuran lain semuanya mempunyai pad.

3. Perhatikan bahan plester

Tak hanya jenis dan ukurannya saja yang harus diperhatikan, bahan yang digunakan untuk plester pun harus diperhatikan sebab ada plester dengan bahan kain biasa dan plester dengan bahan anti air. Jika luka Anda terletak dibagian yang rawan terkena air seperti di jari atau kaki sangat dianjurkan menggunakan plester yang anti air supaya luka tidak terkena air dan cepat mengering.

Nah itulah cara memilih pelindung luka yang bagus, dengan memperhatikan 3 hal di atas maka akan terpilih plester yang paling cocok untuk melindungi luka Anda. Ada satu merek plester yang selalu saya gunakan dari kecil sampai sekarang ketika mendapatkan luka gores, plester ini bermerek Hansaplast. Baik model dengan pad ataupun tanpa pad sangat rekomended untuk menutupi dan melindungi luka dari kotoran dan kuman, sehingga luka jadi cepat kering dan cepat sembuh. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a comment