Berbagi Pengalaman Berobat di Penang Malaysia

, , No Comments
Malaysia Healthcare Travel Council

Malaysia, siapa yang tidak tahu malaysia? Negara tetangga Indonesia yang beberapa bulan lalu mendapatkan sanjungan dan pujian dari perwakilan WHO untuk Malaysia, Brunei dan Singapura dalam menangani virus covid-19. Bahkan dalam situs web WHO yang berjudul “Negara bersatu dalam menghadapi pandemi” Dr. Lo Ying-Ru Jacqueline yang biasa disapa dengan panggilan Dr Lo sebagai perwakilan WHO untuk Malaysia, Brunei dan Singapura mengatakan bahwa pada tahun-tahun sebelum pandemi pun pemerintahan dan otoritas kesehatan di Malaysia sudah mengambil langkah besar untuk meningkatkan keamanan kesehatan dan kapasitas respons multi sektoral untuk keadaan darurat kesehatan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.


Hal ini jelas berkaitan dengan program kementrian Kesehatan Malaysia yang mengenalkan serta mempromosikan industri perjalanan perawatan kesehatan pada tahun 2005 kemudian dilanjutkan pada tahun 2009 kabinet pemerintahan malaysia meluncurkan MHTC (Malaysia Healthcare Travel Council) sebagai badan resmi dengan slogannya “Quality Care for Your Peace of Mind”. 


Seiring berjalannya waktu di tahun 2020 kemarin MHTC di bawah kementrian kesehatan mencoba terus memberikan pelayanan dan perawatan yang lebih berkualitas agar profil negara Malaysia meningkat sebagai penyedia perawatan kesehatan terkemuka di mata warga dunia.


Tak perlu heran rasanya jika Perwakilan WHO menyanjung Malaysia sedemikian rupa dalam penanganan coivd-19, karena toh nyatanya malaysia memiliki tenaga medis, pelayanan dan perawatan kesehatan kelas Internasional.


Ternyata bukan hanya dengan penanganan covid-19 saja malaysia mendapatkan sanjungan, banyak pula masyarakat Indonesia yang lebih memilih berobat ke Malaysia. Alasannya bervariasi, mulai dari biaya perawatan yang lebih ringan, peralatan medis yang lengkap, pelayanan yang maksimal dan pastinya dokter-dokter kelas dunia yang tak perlu diragukan lagi kemampuannya.


Bahkan dalam pernyataan Nik Yazmin Nik Azman selaku Chief Commercial Officer Of Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) pada tahun 2018 ada 900 ribu pasien dari Indonesia dan pada tahun 2019 lonjakan pasien dari Indonesia pun semakin banyak, jumlah pasien dari Indonesia mencapai 1,2 juta pasien di tahun 2019. 


Lonjakan tersebut tentu bukan tanpa dasar, masyarakat Indonesia percaya dengan kelengkapan fasilitas dan kecakapan dokter-dokter di malaysia. Dari satu juta lebih pasien ini kebanyakan datang untuk program bayi tabung.


Banyak sekali testimoni dari pasien yang berhasil melakukan bayi tabung diantaranya adalah seorang Influencer bernama Andra Alodita. Mitra MHTC yang terdiri dari 73 anggota rumah sakit swasta aktif  tak hanya menangani program bayi tabung saja tapi segala macam penyakit.


Fridayani

Salah satu warga Indonesia asal Surabaya bernama Fridayani pernah bercerita tentang pengalaman pribadinya. Dia bercerita bahwa pada tahun 2007 silam, dirinya divonis salah satu dokter di Indonesia menderita kista dan miom sehingga susah memiliki keturunan. Tapi ternyata setelah mendapatkan vonis semacam itu membuatnya ingin mencoba pengobatan lain di Indonesia, namun hasilnya masih nihil.


Tak berhenti disitu, tahun 2010 Fridayani pun mencoba pengobatan canggih di Singapura. Hasilnya pun masih belum memuaskan hati, namun saat berobat di Singapura Fridayani mendapatkan informasi bahwa rumah sakit di Penang memiliki banyak pilihan rumah sakit, harganya terjangkau dan keramahan terdahap pasien.


Akhirnya Fridayani memberanikan diri untuk berobat ke Penang, Malaysia setelah berdiskusi dengan keluarga terkait biaya yang harus dikeluarkan selama berobat. Setelah sampai dan melakukan rawat jalan di Malaysia, menurutnya biaya hidup di Malaysia bahkan lebih rendah ketimbang di kota Surabaya. Selain itu, melalui MHTC dia mendapatkan banyak kemudahan mulai dari layanan antar jemput  bandara hingga layanan konsultasi. Tak hanya tentang kenyamanan berobat, menurutnya berobat di Malaysia berasa seperti liburan di Negri Jiran.


Setelah melakukan pengobatan di malaysia, Alhamdulillah pada tahun 2012 Allah menjawab usaha Fridayani dengan dikaruniai buah hati pertamanya. Dan saat ini Fridayani menyatakan dalam wawancaranya sudah memiliki tiga buah hati. 


Keluarga Jessica Iskandar Pasca Berobat

Tak hanya Fridayani saja yang memiliki pengalaman manis berobat di Penang, malaysia. Aktris dan Presenter cantik Jessica Iskandar alias Jedar juga pernah memeriksakan ayahnya. Awalnya ayah Jedar dirawat di Indonesia, namun melihat perkembangan selama rawat inap selama satu bulan tidak mendapatkan hasil yang positif. Akhirnya Jedar membawa ayahnya untuk berobat di Penang Malaysia, tak sampai satu pekan hanya dua hari dirawat di penang ayah jedar sudah membaik dan diperbolehkan pulang tanpa rawat inap.


Nah itulah dua Pengalaman Warga negara Indonesia yang telah mencoba kecanggihan dan kecakapan dokter-dokter di Rumah Sakit Anggota MHTC. 


Jika teman-teman ingin tahu lebih lanjut tentang MHTC bisa juga mengakses website resmi MHTC di https://www.mhct.org.my/ atau bisa langsung menuju Instargram resminya @medtourismmy.id

Salam sehat untuk kita semua. ^^

0 comments:

Post a comment